Cara Mengobati Herpes Pada Anak Secara Alami

Cara Mengobati Herpes Pada Anak Secara Alami – Halo Pembaca yang budiman! Apakah anak Anda terkena herpes? Jangan khawatir, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengobati herpes pada anak secara alami. Herpes sendiri merupakan infeksi virus yang biasanya menyerang kulit, mulut, atau alat kelamin. Namun, dengan beberapa bahan alami, Anda dapat membantu mengatasi gejalanya. Simaklah artikel ini untuk mengetahui caranya. Selamat membaca!

Cara Mengobati Herpes Pada Anak Secara Alami

Herpes pada anak bukanlah penyakit yang dapat diabaikan. Penyakit ini sangat menyiksa bahkan pada orang dewasa. Ketika penyakit ini menyerang anak, maka harus segera ditangani. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengobati herpes pada anak dengan cara alami.

Mencuci Tangan Sebelum dan Sesudah Menangani Herpes

Tangan adalah tempat berkumpulnya bakteri dan kuman. Ketika Anda menangani herpes anak, pastikan tangan Anda sudah dicuci secara baik dan benar. Selain itu, jangan lupa mencuci tangan setelah menangani herpes anak. Karena jerawat pada kulit anak yang terkena herpes bisa bersifat menular dan menyebar ke daerah yang belum terkena.

Menjaga Kulit Anak Tetap Lembab

Kulit yang lembab akan membantu proses penyembuhan herpes pada anak. Jadi, sebaiknya gunakan lotion dan krim lembab yang bisa mengurangi rasa sakit dan juga membantu mengurangi peradangan pada daerah herpes.

Memberikan Perawatan pada Kulit Anak

Ketika anak menderita herpes, kulit daerah tersebut menjadi lembut dan sensitif. Oleh karena itu, Anda harus memberikan perhatian khusus terhadap kulit pada daerah herpes. Ada beberapa bahan rumah tangga yang dapat dijadikan obat alami, seperti lidah buaya, minyak zaitun, dan madu yang dapat membantu mengurangi peradangan pada daerah herpes.

Menjaga Daerah Herpes Tetap Kering

Selain menjaga kulit anak tetap lembab, Anda juga harus menjaga daerah herpes tetap kering. Penggunaan kain lap atau handuk yang bersih dan kering sangat disarankan. Hal ini akan membantu proses penyembuhan herpes pada anak

Menerapkan Diet Sehat

Dalam proses penyembuhan herpes pada anak, penting untuk memberikan makanan yang sehat dan bergizi. Pastikan anak Anda mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, zinc, dan lysine untuk mempercepat proses penyembuhan herpes pada anak.

Menggunakan Bahan Alami Sebagai Obat

Ada beberapa bahan alami yang dapat digunakan sebagai obat untuk mengobati herpes pada anak, seperti aloe vera, minyak kelapa, apple cider vinegar, dan daun Sirih yang dapat membantu mengatasi herpes anak yang sangat menyakitkan.

Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan pada daerah herpes sangat penting, hal ini penting dilakukan agar area herpes tetap bersih dan penyembuhan bisa berjalan dengan baik. Jangan lupa untuk membersihkan area sekitar herpes dengan sabun dan air setiap kali Anda membersihkan daerah herpes.

Kompress Dengan Es Batu

Anak yang menderita herpes biasanya memiliki daerah yang bengkak dan sakit. Anda bisa menggunakan kain lap yang dibungkus dengan es batu dan ditempelkan ke daerah herpes untuk membantu mengurangi rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhan. Tetapi, jangan biarkan kain lap terlalu lama menempel pada daerah herpes, karena bisa menyebabkan iritasi.

Menghindari Faktor Pemicu

Herpes pada anak kadangkala disebabkan oleh faktor pemicu seperti stres, kurang tidur, dan perubahan cuaca yang drastis. Oleh karena itu, hindari faktor pemicu tersebut sehingga herpes tidak menyebar ke seluruh tubuh anak.

Menggunakan Bawang Putih

Bawang putih adalah salah satu bahan alami yang memiliki sifat antivirus. Menggosokkan bawang putih di daerah herpes dapat membantu mengurangi rasa sakit dan mengurangi peradangan pada daerah herpes.

Menggunakan Minyak Esensial

Ada beberapa minyak esensial yang bisa membantu mengobati herpes, misalnya minyak esensial melissa, minyak esensial teatree, dan minyak esensial lemon. Campurkan dua tetes minyak esensial dengan satu sendok teh minyak kelapa dan oleskan pada daerah herpes beberapa kali sehari sampai benar – benar sembuh.

Mengompres Daerah Herpes dengan Teh Chamomile

Teh Chamomile adalah salah satu bahan alami yang memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri. Caranya adalah dengan menyerapkan kantung teh Chamomile yang telah dipanaskan pada daerah herpes selama 10 hingga 15 menit.

Menggunakan Pasta Gigi

Tahukah Anda bahwa pasta gigi bisa membantu mengobati herpes pada anak? Caranya cukup sederhana, tetapi sangat efektif. Oleskan pasta gigi pada daerah herpes dan biarkan selama beberapa menit sebelum dicuci dengan air dingin. Untuk hasil yang optimal, lakukan dengan rutin setiap hari.

Menggunakan Madu

Madu adalah salah satu bahan alami yang sangat baik untuk menghilangkan rasa sakit dan peradangan pada daerah herpes. Oleskan madu pada daerah herpes setiap kali merasa sakit atau peradangan. Lakukan secara teratur untuk hasil yang optimal.

Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya adalah salah satu bahan alami yang sangat bermanfaat untuk membantu mengobati herpes anak. Anda bisa membelah daun lidah buaya dan mengoleskan getah lidah buaya ke daerah herpes sebelum tidur. Dalam waktu beberapa hari, daerah herpes akan kering dan sembuh.

Menggunakan Air Garam

Berendam dalam air garam hangat dapat membantu mengurangi gejala herpes, seperti rasa sakit dan peradangan. Anda bisa mencampurkan garam ke dalam air, dan masukkan daerah yang terkena herpes selama 20-30 menit.

Menjaga Kesehatan Anak

Selain mengobati herpes pada anak, salah satu tindakan pencegahan untuk mencegah herpes pada anak adalah dengan menjaga kesehatan anak. Pastikan anak Anda selalu mendapat cukup istirahat, makan makanan sehat, dan menjaga keseimbangan dalam aktivitas fisik.

Menggunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat membantu mempercepat penyembuhan herpes. Anda bisa mengoleskan minyak zaitun pada daerah herpes beberapa kali sehari untuk membantu mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan.

Memberikan Asupan Air Putih yang Cukup

Mengobati herpes pada anak tidak hanya memperhatikan perawatan pada kulit yang terkena herpes. Namun, memperhatikan asupan air putih yang cukup juga sangat penting dalam proses penyembuhan. Karena jika tubuh kekurangan air putih, maka penyembuhan herpes juga akan terhambat. Jadi, pastikan anak Anda banyak minum air putih setiap hari.

Menggunakan Air Perasan Lemon

Perasan lemon mengandung asam sitrat yang berfungsi sebagai antiseptik alami. Anda bisa mengoleskan air perasan lemon pada daerah herpes dengan menggunakan kapas atau kain lap yang bersih.

Menjaga Daerah Herpes Selalu Kering dan Bersih

Selain menjaga kulit anak tetap lembab, menjaga daerah herpes tetap kering dan bersih juga sangat penting untuk membantu proses penyembuhan. Gunakan kain lap yang bersih dan kering untuk membersihkan daerah herpes. Jangan lupa mengganti pakaian selalu jika terasa lembab, terutama di bagian herpes tersebut.

Menggunakan Baking Soda

Baking soda adalah bahan alami yang mudah didapatkan dan dapat membantu meringankan gejala herpes. Anda bisa mencampurkan baking soda dengan air dan mengoleskannya pada daerah herpes 2-3 kali sehari.

Menjaga Imunitas Anak

Menjaga imunitas anak dengan baik adalah kunci untuk mencegah herpes. Anda bisa memberikan makanan yang sehat dengan nutrisi yang memadai untuk membantu anak menjaga daya tahan tubuhnya. Sehingga anak lebih terlindungi dari penyakit herpes.

Menghindari Kontak Dekat dengan Anak Lain

Penyakit Herpes merupakan penyakit menular. Oleh karena itu, pastikan anak Anda menghindari kontak fisik dengan anak-anak lain selama Anda merawat herpes. Hal ini sangat penting untuk mencegah penyebaran infeksi ke orang lain.

Kesimpulan

Herpes pada anak bisa menyebabkan rasa sakit, gatal, dan tidak nyaman. Namun, dengan melakukan beberapa cara mengobati herpes pada anak secara alami diatas, Anda bisa membantu proses penyembuhan herpes pada anak secara efektif dan juga efisien.

Penutup

Semua bahan alami yang disebutkan di atas adalah cara yang baik untuk mengobati herpes pada anak. Meskipun cara mengobati herpes pada anak yang disebutkan di atas terbilang lebih alami, namun sebaiknya selalu konsultasikan dengan dokter sebelum melakukan cara apapun dalam mengobati herpes pada anak. Dengan begitu, dokter bisa menyarankan cara dan pengobatan terbaik yang bisa Anda lakukan untuk menyembuhkan herpes pada anak dan menghindari efek samping yang mungkin terjadi.