Cara Mengobati Gigi Ngilu Alami

Cara Mengobati Gigi Ngilu Alami – Halo pembaca setia! Apakah Anda sering mengalami gigi ngilu yang mengganggu? Jangan khawatir, ada beberapa cara mengobati gigi ngilu secara alami yang bisa Anda coba. Salah satunya adalah dengan menggunakan bawang putih dan kapur sirih. Kedua bahan ini memiliki khasiat untuk meredakan nyeri gigi. Yuk, simak artikel ini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut!

Cara Mengobati Gigi Ngilu Alami

Siapa yang tidak pernah mengalami gigi ngilu? Rasa tidak nyaman tersebut tentu sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Gigi ngilu bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari sensitivitas gigi, gigi berlubang, hingga gangguan saraf pada gigi. Namun, jangan khawatir! Ada banyak cara alami yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah gigi ngilu tanpa perlu ke dokter gigi. Berikut adalah beberapa cara mengobati gigi ngilu alami yang bisa Anda lakukan:

Lihat juga:  Cara Mengobati Pcos Secara Alami

Cara Mengobati Gigi Ngilu dengan Bawang Putih

Bawang putih memang terkenal dengan khasiatnya yang luar biasa. Salah satu manfaatnya adalah untuk meredakan rasa ngilu pada gigi. Caranya cukup mudah, yakni dengan menghaluskan beberapa siung bawang putih, lalu diaplikasikan pada daerah gigi yang ngilu. Biarkan beberapa saat dan bilas mulut dengan air hangat. Selain meredakan rasa ngilu, bawang putih juga memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mencegah infeksi pada gigi.

Mengompres dengan Air Dingin

Jika gigi Anda ngilu akibat peradangan pada gusi, mengompres dengan air dingin bisa menjadi solusi yang efektif. Letakkan es batu dalam kain bersih, lalu tempelkan pada area gigi yang terasa ngilu. Air dingin akan membantu meredakan rasa nyeri dan peradangan pada gusi. Ulangi beberapa kali sehari untuk hasil yang lebih optimal.

Lihat juga:  Cara Mengobati Eksim Kering Dengan Cepat

Cara Mengobati Gigi Ngilu dengan Rendaman Teh Hijau

Salah satu bahan alami yang dapat membantu mengurangi rasa ngilu pada gigi adalah teh hijau. Teh hijau mengandung senyawa bernama epigallocatechin gallate (EGCG) yang memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan. Caranya, rendam kantong teh hijau dalam air panas selama beberapa menit. Setelah itu, biarkan kantong teh tersebut dingin secara alami. Tempelkan kantong teh hijau yang telah dingin di area gigi yang ngilu selama beberapa menit. Ulangi beberapa kali sehari untuk merasakan manfaatnya.

Minum Susu Hangat

Susu hangat tidak hanya baik untuk kesehatan tulang, tetapi juga bisa meredakan gigi ngilu. Minum susu hangat bisa membantu melapisi gigi dengan lapisan pelindung yang dapat mengurangi rasa ngilu. Selain itu, susu mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan gigi dan tulang Anda. Minumlah segelas susu hangat setelah makan atau sebelum tidur untuk merasakan manfaatnya.

Lihat juga:  Cara Mengobati Iritasi Mata Akibat Softlens

Cara Mengobati Gigi Ngilu dengan Daun Jambu Biji

Pernah mendengar tentang khasiat daun jambu biji untuk meredakan gigi ngilu? Ya, daun jambu biji mengandung senyawa alami yang disebut kuinon yang bersifat analgesik atau pereda nyeri. Caranya, ambil beberapa lembar daun jambu biji segar, cuci bersih, dan kunyahlah daun tersebut di bagian gigi yang ngilu. Rasakan sensasi segarnya yang dapat meredakan ngilu pada gigi Anda.

Pijatan pada Titik Akupresur

Bagi Anda yang percaya pada terapi akupresur, pijatan pada titik-titik akupresur tertentu juga dapat membantu meredakan rasa ngilu pada gigi. Salah satu titik akupresur yang bisa Anda coba adalah pada bagian tangan, di antara jari telunjuk dan ibu jari. Pijat secara perlahan selama beberapa menit. Lakukan pijatan ini beberapa kali sehari untuk merasakan manfaatnya secara maksimal.

Lihat juga:  Cara Mengobati Cara Mengobati

Pasta Gigi Khusus untuk Gigi Sensitif

Jika gigi Anda cenderung sensitif dan mudah ngilu, Anda bisa mencoba menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif. Ada banyak brand pasta gigi yang menyediakan varian khusus untuk gigi sensitif, yang mengandung bahan aktif seperti potassium nitrate atau strontium chloride. Penggunaan rutin pasta gigi ini dapat membantu mengurangi rasa ngilu pada gigi sensitif Anda.

Bawang Merah untuk Meredakan Gigi Ngilu

Bawang merah tidak hanya lezat untuk dimakan, tetapi juga berkhasiat untuk meredakan gigi ngilu. Caranya, iris tipis-tipis sepotong bawang merah, lalu tempelkan pada gigi yang ngilu selama beberapa menit. Diamkan beberapa saat agar senyawa alami dalam bawang merah dapat meresap ke dalam gigi yang ngilu. Kandungan antiinflamasi dalam bawang merah dapat membantu meredakan rasa ngilu pada gigi Anda.

Sikat Gigi dengan Lembaran Kulit Pisang

Kulit pisang ternyata juga memiliki manfaat yang tak terduga untuk meredakan rasa ngilu pada gigi. Caranya, setelah Anda memakan pisang, jangan langsung membuang kulitnya. Gosokkan lembaran kulit pisang tersebut pada gigi yang terserang ngilu selama beberapa menit. Lakukan sikatan lembut dengan kulit pisang secara berkala untuk merasakan manfaatnya.

Lihat juga:  Cara Menghilangkan Bruntusan Di Wajah Dengan Bahan Alami

Jelly Lidah Buaya untuk Gigi Ngilu

Bukan hanya kulitnya, lendir lidah buaya juga dapat digunakan sebagai obat alami untuk gigi ngilu. Caranya, ambil jelly lidah buaya segar, oleskan secara langsung pada daerah gigi yang ngilu, dan biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas. Lidah buaya mengandung aloin dan vitamin C yang dapat membantu meredakan rasa ngilu pada gigi dan meningkatkan kesehatan gigi Anda secara keseluruhan.

Penutup

Gigi ngilu memang menjadi masalah yang umum terjadi. Namun, dengan cara-cara alami yang telah disebutkan di atas, Anda dapat meredakan rasa ngilu pada gigi tanpa perlu ke dokter gigi terlebih dahulu. Selain itu, penting juga untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut secara rutin, seperti dengan menyikat gigi dua kali sehari dan menghindari makanan yang dapat merusak gigi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari cara mengatasi gigi ngilu alami.