Cara Mengobati Dbd Dengan Angkak

Cara Mengobati Dbd Dengan Angkak – Halo para pembaca setia! Bagi kalian yang tengah mencari cara mengobati DBD dengan bahan alami, angkak bisa menjadi pilihan yang tepat. Angkak mengandung senyawa yang bisa meningkatkan jumlah trombosit dalam darah, sehingga membantu proses pemulihan pasien DBD. Yuk, simak artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang manfaat serta cara penggunaan angkak dalam mengobati DBD. Selamat membaca!

Cara Mengobati DBD dengan Angkak

Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Penyakit ini dapat menjadi sangat berbahaya jika tidak diobati dengan tepat dan cepat. Salah satu pengobatan alami yang populer adalah menggunakan angkak, sebuah bahan alami yang diketahui memiliki khasiat dalam mengatasi DBD.

Lihat juga:  Bagaimana Cara Menjaga Cinta Tetap Bersemi?

Angkak adalah biji fermentasi beras yang mengandung beberapa enzim, asam, dan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Di beberapa daerah, angkak digunakan secara tradisional sebagai obat herbal untuk membantu mengobati berbagai penyakit, termasuk DBD. Berikut ini adalah beberapa cara mengobati DBD dengan angkak yang bisa Anda coba:

Pembuatan Minuman Angkak

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuat minuman angkak. Siapkan angkak sekitar 150-200 gram dan cuci bersih. Setelah itu, rebus angkak dengan air sebanyak 1 liter selama 20-30 menit. Setelah mendidih, saring air rebusan angkak dan biarkan dingin. Kemudian, minum air rebusan angkak tersebut sebanyak 2-3 kali sehari. Konsumsi secara rutin selama beberapa hari untuk hasil yang optimal.

Lihat juga:  Cara Menghilangkan Bau Mulut Untuk Selamanya Secara Alami

Menggunakan Angkak sebagai Bumbu Makanan

Salah satu cara lain untuk mengobati DBD dengan angkak adalah dengan menggunakannya sebagai bumbu makanan. Tambahkan angkak yang sudah direbus dan dihaluskan ke dalam masakan sehari-hari Anda. Misalnya, Anda bisa menyajikan nasi goreng dengan tambahan angkak yang telah diolah.

Membuat Angkak Kapsul

Jika Anda tidak suka dengan rasa atau bau angkak, Anda bisa mencoba membuatnya dalam bentuk kapsul. Caranya pun sangat mudah, cukup tumbuk angkak yang sudah direbus dan dihaluskan hingga halus. Setelah itu, masukkan bubuk angkak ke dalam kapsul kosong dan simpan dalam wadah yang kedap udara. Konsumsilah kapsul angkak tersebut sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Lihat juga:  Cara Mengobati Insomnia Dengan Bahan Alami

Penggunaan Angkak sebagai Catatan Remedi

Banyak orang yang menggunakan angkak sebagai catatan remedi di rumah. Caranya yaitu dengan menumbuk angkak yang sudah direbus hingga halus, kemudian campurkan dengan minyak kelapa atau minyak zaitun. Aduk rata dan oleskan campuran tersebut pada bagian tubuh yang terdapat bintik merah akibat gigitan nyamuk. Diamkan selama beberapa waktu dan bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Pentingnya Berkonsultasi dengan Dokter

Walaupun angkak memiliki khasiat yang baik dalam pengobatan DBD, tidak ada salahnya untuk tetap berkonsultasi dengan dokter. Dokter adalah pihak yang berkompeten dalam penyakit ini dan bisa memberikan penanganan medis yang tepat sesuai dengan kondisi tubuh Anda. Jangan menggantikan pengobatan dokter dengan pengobatan alami seperti angkak tanpa pengawasan dan arahan yang jelas.

Lihat juga:  Cara Mengobati Infeksi Usus Secara Alami

Kesimpulan

Angkak memang memiliki khasiat yang baik dalam mengobati DBD. Namun, perlu diingat bahwa pengobatan dengan angkak masih memerlukan bukti ilmiah yang lebih kuat. Jangan lupa untuk tetap berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat dan menghindari komplikasi yang lebih parah. Seiring dengan pengobatan medis, Anda juga bisa mencoba pengobatan alami seperti mengonsumsi angkak dengan dosis yang aman dan tidak berlebihan.

Penutup

Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan informasi yang berguna bagi Anda yang sedang mencari cara mengobati DBD dengan angkak. Selalu prioritaskan kesehatan dan konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang terbaik untuk Anda.