Cara Mengobati Amandel Dengan Alami

Cara Mengobati Amandel Dengan Alami – Salam pembaca!
Sakit amandel seringkali menjadi momok bagi banyak orang, terutama pada anak-anak. Namun, tidak semua orang ingin menggunakan obat-obatan yang dijual di apotek. Oleh karena itu, ada beberapa cara mengobati amandel dengan bahan alami yang bisa Anda coba di rumah. Simak artikel ini untuk mengetahui caranya!

Cara Mengobati Amandel Dengan Alami

Amandel adalah salah satu jenis penyakit yang sering menyerang pada daerah tenggorokan. Gejala yang dapat dirasakan oleh penderita amandel adalah sakit tenggorokan, susah menelan, demam, dan pembengkakan pada kelenjar getah bening di sekitar leher.

Meskipun penyakit ini dapat diobati dengan menggunakan obat-obatan, namun ada beberapa cara mengobati amandel secara alami yang dapat membantu mengurangi gejala yang dirasakan oleh penderita. Berikut cara mengobati amandel dengan alami yang dapat Anda coba:

Cara Mengompres Tenggorokan dengan Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati amandel. Caranya adalah dengan mengambil beberapa siung bawang putih yang sudah disiapkan sebelumnya, lalu diperas dan diambil sarinya. Kemudian balurkan pada bagian leher yang sakit dan biarkan selama beberapa menit. Lakukan secara teratur untuk hasil yang lebih maksimal.

Mengonsumsi Madu dan Lemon

Madu dan lemon adalah salah satu bahan alami yang dapat membantu mengurangi rasa sakit pada tenggorokan akibat amandel. Caranya adalah dengan mencampurkan madu dan lemon dalam segelas air hangat. Kemudian minumlah secara perlahan-lahan setiap hari sebelum tidur.

Minum Air Putih yang Cukup

Meningkatkan asupan air putih juga dapat membantu mengobati amandel dengan alami. Hal ini karena air putih membantu menjaga kelembaban pada tenggorokan sehingga dapat mengurangi rasa sakit, serta membantu mengeluarkan zat-zat yang tidak diperlukan oleh tubuh melalui air seni.

Meminum Teh Herba

Teh herba seperti teh chamomile, teh peppermint, atau teh jahe adalah bahan alami yang terbukti dapat membantu mengobati amandel dengan alami. Caranya adalah dengan merendam teh herba dalam air mendidih, kemudian tunggu hingga airnya agak dingin dan campurkan sedikit madu dan lemon. Minumlah secara perlahan-lahan untuk hasil yang lebih maksimal.

Mulut Gargle dengan Larutan Garam

Larutan garam juga merupakan salah satu metode alami yang dapat membantu mengobati amandel. Caranya adalah dengan mencampurkan 1 sendok teh garam dalam segelas air hangat, kemudian berkumur selama beberapa menit. Gargle dapat melonggarkan lendir dan pembersihan tenggorokan, sehingga dapat membantu meredakan gejala amandel dan mencegah infeksi lainnya.

Mengonsumsi Buah dan Sayuran

Memperbanyak konsumsi buah dan sayuran segar juga dapat membantu mengurangi gejala amandel. Buah dan sayuran mengandung banyak vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan memberikan dampak positif pada sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat membantu mempercepat pemulihan.

Istirahat yang Cukup

Ketika sedang mengalami amandel, sangat penting untuk memberikan istirahat yang cukup pada tubuh. Istirahat yang cukup dapat membantu tubuh mempercepat pemulihan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat membantu untuk mengurangi risiko infeksi atau penyakit lainnya.

Hindari Rokok dan Polusi Udara

Merokok dan paparan polusi udara dapat meningkatkan risiko terkena penyakit amandel dan memperburuk gejala yang dialami. Hindari rokok dan paparan polusi udara dengan cara menghindari lingkungan yang berpolusi dan menghindari merokok maupun pasif merokok. Selain itu membuka jendela dan menggunakan AC juga dapat membantu memperbaiki kualitas udara dalam ruangan.

Ambil Vitamin D

Vitamin D telah terbukti dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi dan penyakit. Ambil suplemen vitamin D atau makan makanan yang mengandung vitamin D seperti ikan salmon, hati ikan dan makanan dengan fortifikasi vitamin D dapat membantu melawan infeksi dan meningkatkan kesehatan tubuh.

Menghindari Makanan yang Pedas

Makanan yang terlalu pedas atau asam dapat meningkatkan gejala terkait amandel. Hindari makanan yang sangat pedas dan asam untuk mencegah terjadinya gejala amandel yang lebih parah.

Dalam Berbicara, Jangan Berteriak

Berbicara dengan suara yang terlalu keras atau berteriak dapat memperburuk gejala pada amandel. Usahakan untuk berbicara dengan suara yang ringan dan tidak berteriak untuk mencegah terjadinya iritasi atau pemicu rasa sakit pada tenggorokan.

Makan Makanan yang Lebih Lunak

Makan makanan-makanan yang lebih lunak seperti sup dan nasi dingin dapat membantu mengurangi rasa sakit pada tenggorokan dan mempercepat pemulihan amandel.

Olahraga Ringan

Olahraga ringan seperti yoga, berjalan kaki atau berenang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Olahraga dapat membantu tubuh untuk mempercepat pemulihan dari amandel.

Istirahat Sebelum dan Sesudah Operasi

Untuk penderita amandel yang kemungkinan harus menjalani operasi amandel, harus diingat untuk mengambil waktu istirahat yang cukup sebelum dan sesudah operasi. Istirahat yang cukup mampu menurunkan risiko mengalami infeksi setelah operasi amandel dan mempercepat proses pemulihan.

Kumpulkan Energi Positif

Terakhir, ada satu hal yang sangat penting untuk mengobati amandel dengan alami, yaitu menyimpan energi positif. Jangan cemas dan jangan khawatir terlalu banyak, karena dapat menyebabkan sistem kejanan tubuh menurun. Usahakan untuk memperbaiki pola hidup dan berpikir positif guna menyimpan energi positif bagi tubuh.

Kesimpulan

Amandel adalah penyakit yang dapat diobati dengan sangat baik dengan bahan-bahan alami. Sikap yang tenang, respon yang adil, pola makan yang sehat, dan minum banyak air dapat membantu mempercepat pemulihan. Konsultasikan ke dokter jika gejala tidak kunjung membaik. Terus bersabar dan terus hidup dengan positif akan membantu Anda melalui setiap tantangan yang datang.

Penutup

Setelah membaca artikel ini, diharapkan pengalaman bertemu dengan penyakit amandel dapat diatasi dengan baik dengan bahan-bahan alami. Sekali lagi, pengambilan obat-obat kimia hanyalah sebagai pilihan akhir, sementara mengambil bahan alami sebagai metode pertama dapat memberikan kontribusi yang besar bagi pemulihan. Teruslah menjaga pola hidup yang sehat dan positif untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda dan mencegah kemungkinan terkena penyakit.