Cara Mengobati Abses Gusi Secara Alami

Cara Mengobati Abses Gusi Secara Alami – Halo pembaca, apakah Anda pernah mengalami abses pada gusi? Jika iya, pasti sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Abses gusi dapat disebabkan oleh infeksi gigi atau akar gigi yang tidak diobati dengan baik. Tak perlu khawatir, ada beberapa cara mengobati abses gusi secara alami yang dapat dilakukan di rumah. Yuk, simak artikel ini untuk mengetahui cara-cara tersebut.

Cara Mengobati Abses Gusi Secara Alami

Sakit gigi atau gusi yang disebabkan oleh abses bisa sangat menyakitkan dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Abses gusi lebih umum terjadi pada orang dewasa dan merupakan infeksi bakteri yang berkembang di sekitar akar gigi. Namun, tahukah kamu bahwa ada beberapa cara mengobati abses gusi secara alami?

Cara Pertama: Gunakan Garam

Garam adalah bahan dapur yang dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri di area gusi. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mencampurkan satu sendok teh garam dengan segelas air hangat. Setelah itu, berkumurlah dengan larutan garam tersebut selama kurang lebih 30 detik, lalu keluarkan. Ulangi beberapa kali dalam sehari.

Cara Kedua: Minum Teh Chamomile

Teh chamomile dikenal sebagai salah satu jenis teh yang dapat membantu mengurangi peradangan pada gusi. Kamu bisa menyeduh satu sachet teh chamomile dengan air panas dan diamkan selama 5-10 menit. Setelah itu, saring dan tunggu hingga teh chamomile agak dingin. Kamu bisa berkumur dengan teh chamomile tersebut selama 30 detik sebelum memuntahkannya. Ulangi beberapa kali dalam sehari.

Cara Ketiga: Menggunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah solusi alami lain untuk mengatasi abses gusi. Kamu bisa mengoleskan secangkir minyak kelapa ke kain atau kapas, lalu tempelkan pada area yang bermasalah pada gusi. Gigit dengan lembut pada kapas tersebut untuk mengaktifkan minyak kelapa. Ulangi beberapa kali dalam sehari.

Cara Keempat: Gunakan Daun Mint

Daun mint adalah tanaman yang dikenal memiliki sifat anti-inflamasi dan antiseptik. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mengambil beberapa daun mint segar, cuci bersih, dan giling atau tumbuk. Setelah itu, oleskan pada area yang bermasalah pada gusi dan biarkan selama beberapa menit. Ulangi beberapa kali dalam sehari.

Cara Kelima: Minum Teh Hijau

Teh hijau juga dikenal memiliki sifat anti-inflamasi. Kamu bisa menyeduh satu sachet teh hijau dengan air panas dan diamkan selama 3-5 menit. Setelah itu, saring dan tunggu hingga teh hijau agak dingin. Kamu bisa berkumur dengan teh hijau tersebut selama 30 detik sebelum memuntahkannya. Ulangi beberapa kali dalam sehari.

Cara Keenam: Minum Air Lemon

Air lemon diketahui dapat membantu memerangi bakteri yang menyebabkan infeksi pada gusi. Kamu bisa mencampurkan satu sendok teh air lemon dengan segelas air hangat. Setelah itu, berkumurlah dengan larutan air lemon selama kurang lebih 30 detik, lalu keluarkan. Ulangi beberapa kali dalam sehari.

Cara Ketujuh: Menggunakan Bawang Putih

Bawang putih diketahui memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mengunyah bawang putih mentah selama beberapa menit setiap hari. Kamu juga bisa mengiris bawang putih mentah dan tempelkan pada area yang bermasalah pada gusi selama beberapa menit.

Cara Kedelapan: Minum Air Kapur Sirih

Air kapur sirih dikenal dapat membantu mengurangi peradangan pada gusi dan membantu mempercepat proses penyembuhan. Kamu bisa merebus beberapa daun sirih segar dengan sedikit kapur sirih dan biarkan selama 5-7 menit. Setelah itu, saring airnya dan tunggu hingga agak dingin. Kamu bisa berkumur dengan air kapur sirih tersebut selama kurang lebih 30 detik sebelum memuntahkannya. Ulangi beberapa kali dalam sehari.

Cara Kesembilan: Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya adalah tanaman yang dikenal memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri alami. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu memotong sepotong lidah buaya, kemudian campurkan gel lidah buaya tersebut dengan air hangat. Kamu bisa berkumur dengan larutan lidah buaya tersebut selama kurang lebih 30 detik, lalu keluarkan. Ulangi beberapa kali dalam sehari.

Cara Kesepuluh: Minum Teh Peppermint

Teh peppermint dikenal memiliki sifat anti-inflamasi dan membantu meredakan rasa sakit pada gusi yang terinfeksi. Kamu bisa menyeduh satu sachet teh peppermint dengan air panas dan diamkan selama 5-10 menit. Setelah itu, saring dan tunggu hingga teh peppermint agak dingin. Kamu bisa berkumur dengan teh peppermint tersebut selama 30 detik sebelum memuntahkannya. Ulangi beberapa kali dalam sehari.

Cara Kesepuluh Satu: Menggunakan Kayu Manis

Kayu manis adalah rempah yang dikenal sangat bermanfaat untuk membantu meredakan nyeri dan mengatasi peradangan. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mencampurkan secangkir air hangat dengan satu sendok teh bubuk kayu manis. Setelah itu, berkumurlah dengan larutan kayu manis tersebut selama kurang lebih 30 detik, lalu keluarkan. Ulangi beberapa kali dalam sehari.

Cara Kesepuluh Dua: Menggunakan Minyak Cuaca

Minyak cuaca adalah minyak berasal dari tumbuhan nilam yang dikenal memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri alami. Kamu bisa mengoleskan secangkir minyak cuaca pada area yang bermasalah pada gusi menggunakan kapas atau kain bersih. Ulangi beberapa kali dalam sehari.

Cara Kesimpulan: Pentingnya Merawat Kesehatan Gigi dan Gusi

Proses penyembuhan abses gusi bisa memakan waktu yang cukup lama dan memerlukan perawatan yang konsisten. Selain menggunakan beberapa cara alami yang telah disebutkan di atas, kamu juga harus memperhatikan perawatan gigi dan gusi yang benar. Mulai dari menjaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi secara teratur, menjaga pola makan sehat, dan rutin memeriksakan gigi dan gusi ke dokter gigi.

Penutup: Konsultasikan Ke Dokter Gigi Jika Diperlukan

Walaupun kamu sudah mencoba beberapa cara alami untuk mengobati abses gusi, terkadang kondisi gusi yang parah juga memerlukan perawatan medis. Oleh karena itu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter gigi jika diperlukan. Dokter gigi akan membantu menentukan perawatan yang tepat bagi kondisi gusi kamu.