Cara Menghilangkan Bau Mulut Karena Gigi Berlubang Secara Alami

Cara Menghilangkan Bau Mulut Karena Gigi Berlubang Secara Alami – Hai, pembaca setia! Apakah Anda sering merasa tidak percaya diri karena bau mulut yang menyengat akibat dari gigi berlubang? Tenang, Anda tidak perlu khawatir lagi karena ternyata ada cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang secara alami. Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips-tips yang dapat membantu Anda mengatasi masalah tersebut. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Cara Menghilangkan Bau Mulut Karena Gigi Berlubang Secara Alami

Mulut Sehat Adalah Kunci Kesehatan

Kesehatan mulut dan gigi adalah salah satu faktor penting yang harus diperhatikan dalam menjaga kesehatan tubuh. Mulut sehat akan memberikan rasa confident yang baik dalam berinteraksi dengan orang lain. Namun, ada beberapa masalah yang terjadi pada mulut seperti bau mulut yang amat sangat mengganggu dan membuat kita tidak percaya diri. Salah satu penyebab bau mulut adalah gigi berlubang.

Lihat juga:  Cara Ampuh Mengobati Batuk Pada Anak

Gigitan Kalian Menggangu

Gigi berlubang menjadi penyebab utama bau mulut karena adanya berkembangnya bakteri di dalam celah gigi yang terlubang. Bakteri tersebut kemudian mengeluarkan gas yang memicu bau tak sedap. Selain itu, gigi berlubang juga menyebabkan rasa sakit dan sulitnya mengunyah makanan. Oleh karena itu, menghilangkan bau mulut yang disebabkan oleh gigi berlubang sangat penting untuk kesehatan gigi kita.

Jaga Kebersihan Mulut dan Gigi

Pertama-tama, untuk menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang, kita harus rajin menjaga kebersihan mulut dan gigi. Pastikan untuk menyikat gigi minimal dua kali sehari dan menggunakan benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi. Jangan lupa untuk membersihkan lidah agar bakteri tidak berkembang di lidah, yang juga dapat menyebabkan bau mulut.

Air Putih Menjadi Temanmu

Memperbanyak minum air putih juga dapat membantu menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang. Air putih membantu menghilangkan sisa-sisa makanan yang menempel di gigi dan mulut. Jika tidak bisa minum air putih, konsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air seperti semangka, melon dan jeruk.

Lihat juga:  Cara Daftar Berobat Angga Praja Buana

Hindari Makanan Manis Dan Berlemak

Makanan manis dan berlemak dapat menjadi pemicu timbulnya bau mulut. Konsumsi gula yang terlalu berlebihan akan memicu berkembangnya bakteri di dalam mulut dan gigi, sehingga mendorong terjadinya bau mulut. Olahraga seperti mengunyah permen karet juga tidak baik untuk gigi, karena meningkatkan produksi air liur, yang mendorong lebih banyak penyebaran bakteri.

Gunakan Sea Salt Untuk Berkumur-Kumur

Gunakan air garam (sea salt) campur air hangat untuk berkumur-kumur selama beberapa menit, minimal tiga kali sehari. Sea salt membantu membersihkan gigi dan mulut dengan baik, serta membunuh bakteri yang berada di dalam mulut.

Gunakan Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih dapat membantu mengurangi bau mulut karena gigi berlubang. Caranya, campurkan beberapa tetes minyak kayu putih dengan air hangat, lalu kumur-kumur dengan campuran minyak kayu putih tersebut. Sebagai penghilang bau mulut yang lebih kuat, tambahkan sedikit baking soda pada campuran ini.

Lihat juga:  Cara Mengobati Benjolan Pada Payudara

Siapkan Pasta Gigi Dari Bahan Alami

Anda juga bisa membuat pasta gigi alami menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan dan murah. Caranya, campurkan satu sendok teh kayu manis, dua sendok makan baking soda, dua sendok makan minyak kelapa, dan tetes atau beberapa tetes peppermint oil. Setelah itu, tambahkan air hangat untuk membuat pasta gigi kental yang mudah dioleskan pada gigi. Gigi akan lebih bersih dan segar setelah menggunakan pasta gigi ini.

Gunakan Xylitol untuk Membersihkan Mulut

Xylitol adalah jenis gula alami yang dapat digunakan untuk menggantikan gula pada makanan dan minuman kita sehari-hari. Xylitol juga terbukti dapat mengurangi risiko timbulnya bau mulut dan membersihkan gigi. Caranya, tambahkan xylitol ke dalam teh atau kopi atau bersuhu hangat, lalu kumur-kumurkan di dalam mulut.

Jahe, Serba Bisa

Buah jahe juga bisa membantu menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang. Kandungan anti-inflamasi dan anti-bakteri dalam jahe membantu melindungi gigi dan mulut dari kembangnya bakteri yang meniupkan bau mulut. Caranya, rebus beberapa potong jahe dengan air selama 5-10 menit dan gunakan air rebusannya untuk berkumur-kumur.

Mengatasi Bau Mulut Dengan Kulit Jeruk

Satu lagi bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang adalah kulit jeruk. Kulit jeruk mengandung nutrisi penting yang terbukti mampu mengurangi bau tak sedap di dalam mulut. Caranya, keringkan kulit jeruk yang telah dikupas dengan oven, lalu giling sampai halus. Campurkan bubuk kulit jeruk dengan air, lalu kumur-kumurkan di dalam mulut.

Lihat juga:  Cara Alami Mengobati Kanker Otak

Minum Air Lemon

Air lemon sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulut, sehingga menghilangkan bau mulut yang dihasilkan gigi berlubang. Air lemon juga membantu membersihkan gigi dan mulut dari kuman dan bakteri. Caranya, tambahkan air lemon ke dalam air hangat, lalu kumur-kumurkan di dalam mulut.

Kunyah Kayu Manis

Kayu manis tidak hanya bermanfaat sebagai bumbu dapur, tapi juga sebagai penghilang bau mulut alami. Caranya, kunyah kayu manis tanpa menelan, maka akan membantu menyegarkan napas dan membersihkan gigi dari bakteri dan kuman.

Gunakan Tea Tree Oil

Tea tree oil juga terbukti efektif untuk mengurangi bau mulut. Caranya, campurkan beberapa tetes tea tree oil dengan air hangat, lalu kumur-kumurkan di dalam mulut. Namun, hindari menggunakan tea tree oil dengan cara langsung pada gigi karena dapat memicu iritasi jika diaplikasikan berlebihan.

Lihat juga:  Cara Mengurangi Mata Minus Secara Alami Dengan Cepat

Menghindari Kawat Gigi

Kawat gigi memang membantu memperbaiki pengaturan gigi, tapi kawat gigi juga mempunyai kelemahan, yaitu membuat gigi sulit dibersihkan, sehingga memungkinkan berkembangnya bakteri yang berujung pada bau mulut. Oleh karena itu, rajinlah memeriksa dan membersihkan kawat gigi selama masa perawatan.

Pilih Makanan yang Sehat

Pilihlah makanan yang sehat, baik dan bergizi agar mendapatkan nutrisi dan kesehatan yang optimal. Makanan yang sehat membantu gigi dan mulut tetap bersih dan segar, menghilangkan kemungkinan timbulnya bau mulut yang disebabkan oleh gigi berlubang.

Konsultasi ke Dokter Gigi

Jika bau mulut karena gigi berlubang terus berlanjut, meskipun sudah melakukan cara natural di atas, maka Anda perlu melakukan konsultasi dengan dokter gigi. Dokter gigi akan memberikan solusi terbaik dan melakukan perawatan yang sesuai terhadap masalah gigi berlubang ini.

Kesimpulan

Semua orang tentunya menginginkan napas yang segar dan bersih, dengan melakukan langkah-langkah alami yang diuraikan di atas, Anda dapat mengatasi bau mulut yang disebabkan oleh gigi berlubang. Namun, konsultasikanlah masalah gigi dan mulut dengan dokter gigi terpercaya, untuk mendapatkan solusi yang lebih optimal.

Penutup

Kesehatan mulut dan gigi adalah salah satu faktor penting dalam menjaga kesehatan tubuh yang diinginkan. Selalu periksa kesehatan gigi dan mulut secara rutin. Mulut sehat adalah kunci dari kesehatan tubuh. Dengan gigi yang sehat dan mulut yang bersih, kita dapat memperbaiki kualitas hidup dan mencapai segala mimpi kita.