Cara Membuat Toner Alami

Cara Membuat Toner Alami – Halo pembaca setia! Bagi kalian yang sedang mencari cara mudah dan alami untuk merawat kulit, kali ini saya ingin berbagi tentang cara membuat toner alami yang bisa kalian coba sendiri di rumah. Toner alami ini aman digunakan karena terbuat dari bahan-bahan alami yang mudah didapat. Yuk, simak artikel ini untuk mengetahui cara membuatnya!

Cara Membuat Toner Alami

Selain menggunakan produk kosmetik, kini semakin banyak orang yang mencoba menggunakan produk perawatan wajah yang alami. Salah satu produk perawatan wajah yang bisa dibuat sendiri di rumah dengan bahan alami adalah toner. Toner alami tidak hanya lebih aman dan ramah lingkungan, tetapi juga lebih murah. Berikut ini adalah beberapa cara membuat toner alami yang bisa kamu coba.

1. Toner Lemon

Toner lemon sangat cocok untuk kulit yang cenderung berminyak. Caranya cukup mudah, yaitu: peras 1 buah lemon segar dan campurkan dengan air dalam jumlah yang sama. Kemudian, celupkan kapas ke dalam campuran tersebut dan aplikasikan di wajah secara merata. Hindari lingkungan mata karena lemon dapat menyebabkan iritasi. Toner lemon juga bisa digunakan sebagai bahan dasar untuk masker wajah.

2. Toner Cuka Apel

Bahan alami lainnya yang bisa digunakan sebagai toner adalah cuka apel. Pilihlah cuka apel organik dan campurkan dengan air dalam perbandingan 1:1. Setelah itu, aplikasikan di wajah menggunakan kapas. Toner cuka apel sangat cocok untuk kulit kering dan sensitif.

3. Toner Teh Hijau

Teh hijau dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit. Kamu bisa menggunakan teh hijau untuk membuat toner alami dengan cara menyeduh 2 sendok teh teh hijau dalam 1 cangkir air panas. Biarkan dingin dan kemudian gunakan sebagai toner.

4. Toner Aloe Vera

Aloe vera sangat cocok untuk kulit yang sensitif dan sering mengalami peradangan. Caranya sangat mudah, yaitu cukup dengan menggunakan gel segar aloe vera. Aplikasikan gel aloe vera pada wajah dan leher, biarkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air dingin.

5. Toner Air Mawar

Air mawar dikenal memiliki sifat yang menenangkan dan membantu mengurangi kemerahan pada kulit. Kamu bisa membuat toner alami dengan mencampurkan air mawar dengan air dalam perbandingan 1:1. Aplikasikan toner ini pada wajah menggunakan kapas dan biarkan hingga kering.

6. Toner Mentimun

Mentimun kaya akan vitamin C dan antioksidan, sehingga sangat baik untuk kulit. Caranya sangat mudah, yaitu cukup dengan menghaluskan mentimun di blender dan menerapkannya pada wajah dengan menggunakan kapas.

7. Toner Tomat

Tomat adalah bahan alami yang kaya akan asam laktat, vitamin A, dan vitamin C, sehingga sangat baik untuk merawat kulit. Caranya cukup mudah, yaitu haluskan 1 buah tomat dan gunakan sebagai toner.

8. Toner Susu

Susu kaya akan asam laktat dan asam amino, sehingga sangat membantu mengangkat sel kulit mati pada wajah. Kamu bisa membuat toner susu dengan mencampurkan susu segar dengan air dalam jumlah yang sama.

9. Toner Lidah Buaya

Lidah buaya kaya akan zat anti-inflamasi dan antioksidan, sehingga sangat baik untuk kulit. Caranya cukup mudah, yaitu cukup dengan mengambil gel lidah buaya segar dan menerapkannya pada wajah.

10. Toner Buah Naga

Buah naga kaya akan vitamin C dan antioksidan, sehingga sangat baik untuk mencerahkan dan mengencangkan kulit. Caranya cukup mudah, yaitu haluskan buah naga dan gunakan sebagai toner.

11. Toner Madu

Madu kaya akan sifat anti-inflamasi dan anti bakteri, sehingga sangat cocok untuk kulit yang rentan terhadap jerawat. Caranya sangat mudah, yaitu dengan mencampurkan 1 sendok makan madu dengan 1 cangkir air hangat.

12. Toner Minyak Kelapa

Minyak kelapa kaya akan asam laurat dan asam kaprilat, sehingga sangat baik untuk kulit yang cenderung kering dan pecah-pecah. Caranya mudah, yaitu dengan menjadikan minyak kelapa sebagai toner alami.

13. Toner Spiritus

Spiritus sangat efektif untuk membersihkan kulit wajah dari bakteri dan minyak. Caranya cukup dengan menggunakan 1-2 tetes spiritus pada kapas dan aplikasikan ke wajah.

14. Toner Bengkoang

Bengkoang kaya akan vitamin C dan antioksidan, sehingga sangat baik untuk kulit. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menghaluskan bengkoang dan menggunakan sebagai toner alami.

15. Toner Biji Semangka

Biji semangka mengandung asam amino, omega-3, dan antioksidan, sehingga sangat baik untuk kulit. Caranya cukup dengan menghancurkan biji semangka dan menggunakan sebagai toner.

16. Toner Kulit Jeruk

Kulit jeruk kaya akan vitamin C dan antioksidan, sehingga sangat baik untuk kulit. Caranya sangat mudah, yaitu dengan merebus kulit jeruk dalam air selama beberapa menit, kemudian dinginkan dan gunakan sebagai toner.

17. Toner Garam Laut

Garam laut kaya akan mineral dan memiliki sifat mampu menyerap minyak di kulit. Caranya mudah, yaitu dengan mencampurkan 1 sendok teh garam laut dengan 1 cangkir air dan gunakan sebagai toner.

18. Toner Yogurt

Yogurt kaya akan asam laktat, sehingga sangat baik untuk kulit yang cenderung berminyak. Caranya mudah, yaitu dengan mencampurkan 1 sendok makan yogurt dengan 1 sendok teh air lemon dan gunakan sebagai toner.

19. Toner Jeruk Nipis

Jeruk nipis kaya akan vitamin C dan asam sitrat, sehingga sangat baik untuk kulit yang cenderung berminyak. Caranya sangat mudah, yaitu dengan mencampurkan 1 sendok teh air jeruk nipis dengan 1 cangkir air.

20. Toner Lidah Buaya dan Teh Hijau

Anda bisa membuat toner alami menggunakan kombinasi lidah buaya dan teh hijau. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menyeduh teh hijau dalam air panas, kemudian dinginkan. Setelah itu, tambahkan gel lidah buaya segar ke dalam campuran dan aduk rata. Gunakan sebagai toner.

Kesimpulan

Membuat toner alami adalah salah satu cara untuk memberikan perawatan terbaik bagi kulit wajah kita. Mulai sekarang, coba lah untuk menggunakan bahan-bahan alami yang tersedia di sekitar rumah Anda untuk membuat toner alami. Selain lebih sehat dan aman, toner alami juga jauh lebih murah daripada toner yang dijual di pasaran. Itulah beberapa cara membuat toner alami yang dapat Anda coba sendiri di rumah.

Penutup

Jangan lupa untuk selalu melakukan uji coba pada bahan-bahan toner alami yang akan digunakan. Beberapa kulit mungkin akan lebih sensitif terhadap bahan-bahan tertentu. Jadi, pastikan konsultasikan terlebih dahulu pada dokter kulit atau pakar kecantikan sebelum mencoba cara membuat toner alami. Selamat mencoba!