Cara Membasmi Cicak Dirumah Dengan Alami

Cara Membasmi Cicak Dirumah Dengan Alami – Halo pembaca setia! Apakah rumah Anda sering kali dihuni oleh kehadiran cicak? Jika iya, jangan khawatir! Artikel ini akan mengulas tentang cara alami untuk membasmi cicak dirumah Anda tanpa perlu menggunakan bahan kimia berbahaya. Dengan tips-tips sederhana yang akan kami berikan, Anda dapat mengusir cicak secara efektif. Yuk, simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahui caranya!

Cara Membasmi Cicak Dirumah Dengan Alami

Cicak adalah salah satu hewan yang sering ditemui di dalam rumah. Meskipun mereka berguna dalam mengendalikan populasi serangga lainnya, kehadiran mereka di dalam rumah bisa menjadi masalah bagi sebagian orang. Jika Anda ingin mengusir cicak dari rumah Anda dengan cara yang alami, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba.

1. Membersihkan Rumah Secara Rutin

Membersihkan rumah secara rutin adalah cara yang efektif untuk mencegah cicak masuk ke dalam rumah Anda. Pastikan untuk mengosongkan tempat makanan dan minuman serta membersihkan sisa-sisa makanan yang ada di dapur. Jangan biarkan tumpukan piring kotor menumpuk di wastafel karena ini bisa menjadi sumber makanan bagi cicak.

Lihat juga:  Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Alami

2. Menyimpan Makanan dengan Rapat

Selain membersihkan rumah, menyimpan makanan dengan rapat juga bisa membantu mengusir cicak. Gunakan kotak penyimpanan yang rapat dan pastikan makanan tidak terbuka sehingga mengurangi bau dan aroma menggoda yang bisa menarik cicak.

3. Menggunakan Peppermint Oil

Aroma peppermint oil ternyata bisa membuat cicak menjauh dari rumah Anda. Anda bisa meneteskan beberapa tetes peppermint oil pada bola kapas dan meletakkannya di sudut-sudut rumah yang sering dijadikan tempat bersembunyi cicak.

4. Menciptakan Penghalang Fisik

Anda juga bisa menciptakan penghalang fisik untuk menghalangi masuknya cicak ke dalam rumah. Bisa dengan cara memasang kawat nyamuk pada ventilasi udara atau lubang-lubang kecil yang potensial menjadi pintu masuk bagi cicak.

5. Memperbaiki Kerusakan di Rumah

Faktor lain yang bisa menyebabkan masuknya cicak adalah adanya kerusakan di rumah. Periksa dan perbaiki segala jenis celah, retakan, atau lubang yang bisa digunakan oleh cicak untuk masuk ke rumah. Selain menjaga cicak keluar dari rumah, ini juga bisa mencegah serangga lain masuk.

6. Menggunakan Lumpur

Selain peppermint oil, cicak juga tidak menyukai lumpur. Anda bisa membuat lumpur dari tanah liat atau membeli lumpur khusus yang bisa digunakan untuk mengusir cicak. Cukup oleskan lumpur di sekitar jendela atau lubang-lubang yang sering dijadikan sarang cicak.

Lihat juga:  Cara Alami Membersihkan Usus Kotor

7. Menggunakan Baking Soda

Baking soda bukan hanya digunakan untuk bahan kue, tetapi juga bisa digunakan untuk mengusir cicak dari rumah. Cukup taburkan baking soda di sekitar tempat yang sering dilalui oleh cicak, seperti di sudut dapur atau di dekat tempat sampah.

8. Menanam Tanaman Pengusir

Ada beberapa jenis tanaman yang memiliki aroma atau bau tertentu yang bisa membuat cicak menjauh. Beberapa contoh tanaman tersebut adalah lavender, mint, atau basil. Tanam tanaman-tanaman ini di sekitar rumah Anda untuk mengusir cicak secara alami.

9. Menggunakan Cuka

Cicak juga tidak menyukai bau cuka. Anda bisa mencampurkan air dengan cuka dan menyemprotkan campuran tersebut ke tempat-tempat yang sering dilalui oleh cicak. Ingat, jangan menyemprotkan cuka langsung ke cicak karena ini bisa membahayakan mereka.

10. Menggunakan Kapur Bara

Seperti halnya peppermint oil, cicak tidak suka dengan aroma kapur bara. Anda bisa meletakkan beberapa potongan kapur bara di sudut-sudut rumah yang sering dihuni oleh cicak. Aroma kapur bara ini akan membuat mereka pergi.

Lihat juga:  Cara Merawat Rambut Rontok Dan Kering Dengan Bahan Alami

11. Menggunakan Ampas Kopi

Siapa sangka, ampas kopi ternyata juga bisa mengusir cicak dari rumah. Anda bisa menyebarkan ampas kopi di sekitar tempat-tempat yang sering dilalui oleh cicak, seperti di dalam lemari atau di bawah wastafel dapur.

12. Menggunakan Kulit Jeruk

Aroma dari kulit jeruk juga bisa membuat cicak menjauh. Anda bisa menyimpan kulit jeruk yang sudah dikupas di dekat tempat-tempat yang sering dilalui oleh cicak atau di pojokan rumah yang sering dijadikan sarang cicak.

13. Mengejar Cicak dengan Kucing atau Burung Peliharaan

Salah satu cara yang alami untuk mengusir cicak adalah dengan memelihara kucing atau burung. Kucing dan burung peliharaan ini akan menjadi pemangsa alami bagi cicak dan membuat mereka pergi.

14. Menggunakan Pengharum Ruangan

Ada beberapa jenis pengharum ruangan yang juga bisa mengusir cicak. Beberapa aroma yang diketahui tidak disukai oleh cicak adalah aroma lavender, kayu manis, atau lemon. Tempatkan pengharum ruangan ini di sekitar tempat-tempat yang sering dihuni oleh cicak.

15. Menggunakan Bahan yang Mengandung Asam Borat

Lihat juga:  Cara Mengobati Cacing Pasir Secara Alami

Asam borat adalah bahan kimia yang ampuh dalam membunuh serangga, termasuk cicak. Anda bisa menempatkan beberapa titik asam borat di sudut-sudut rumah atau dekat lokasi sarang cicak. Tetapi ingat, pastikan untuk menjauhkannya dari jangkauan anak-anak atau hewan peliharaan.

16. Menyimpan Barang-barang Secara Rapi dan Tertutup

Cicak sering menyukai tempat-tempat yang berantakan atau barang-barang yang tidak diatur dengan baik. Pastikan untuk menyimpan barang-barang Anda dengan rapi dan tertutup. Jangan biarkan cicak memiliki tempat yang nyaman untuk bersembunyi.

17. Menggunakan Alat Perangkap

Jika semua upaya untuk mengusir cicak secara alami gagal, Anda bisa menggunakan alat perangkap seperti lem penghalang cicak. Letakkan perangkap ini di tempat-tempat yang sering dilalui oleh cicak dan pastikan untuk membersihkannya secara rutin.

18. Menggunakan Lampu Anti Serangga

Ada juga lampu anti serangga yang bisa membantu mengusir cicak. Lampu ini menghasilkan cahaya ultraviolet yang menarik serangga, termasuk cicak, dan menangkapnya di dalam lampu tersebut.

19. Mengenali Sumber Masalah

Berikut beberapa tips tambahan yang bisa membantu mengenali sumber masalah dan mengusir cicak secara efektif: periksa barang-barang bekas bawaan yang Anda bawa ke rumah, jaga kebersihan saluran air dan pipa, dan periksa kemasan makanan yang Anda beli sebelum membawanya ke dalam rumah.

Lihat juga:  Cara Agar Cepat Putih Alami Dalam 1 Minggu

20. Memanggil Jasa Pest Control

Jika semua upaya untuk mengusir cicak secara alami tidak berhasil, jangan ragu untuk memanggil jasa pest control profesional. Mereka memiliki pengetahuan dan peralatan yang tepat untuk mengatasi masalah cicak di rumah Anda.

Kesimpulan

Dalam melawan masalah cicak di rumah, tidak perlu langsung menggunakan pestisida atau bahan kimia berbahaya. Dengan mengggunakan cara-cara alami yang telah disebutkan di atas, Anda dapat mengusir cicak dan menjaga rumah Anda tetap nyaman. Lakukan perawatan secara rutin dan bersabarlah karena setiap rumah memiliki kondisi yang berbeda. Selamat mencoba!

Penutup

Semoga artikel tentang cara membasmi cicak dirumah dengan alami ini bermanfaat bagi Anda. Jika Anda memiliki kekhawatiran lebih lanjut tentang masalah serangga di rumah, konsultasikan dengan ahli pest control untuk mendapatkan solusi yang tepat. Jaga kebersihan rumah Anda dan selamat tinggal cicak!