Cara Memasak Kolang Kaling Untuk Obat

Cara Memasak Kolang Kaling Untuk Obat – Halo, Sahabat Sehat! Kita semua ingin memiliki kesehatan yang optimal, bukan? Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat yang tersedia di sekitar kita. Salah satu makanan yang bermanfaat untuk kesehatan adalah kolang kaling. Namun, tahukah Anda bahwa kolang kaling juga bisa dimasak menjadi obat? Yuk, simak artikel ini untuk mengetahui cara memasak kolang kaling untuk obat.

Cara Memasak Kolang Kaling untuk Obat

Ada banyak jenis bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah kolang kaling. Kolang kaling ini sering kali dijadikan sebagai cincau, namun ternyata kolang kaling juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kali ini, kita akan membahas cara memasak kolang kaling untuk obat.

Lihat juga:  Jangan Lewatkan Moment Spesial Jadwal Puasa Nisfu Sya'ban 2021!

Bahan-bahan yang kita butuhkan untuk membuat obat kolang kaling cukup mudah didapatkan. Pertama-tama, siapkan kolang kaling yang sudah dikeringkan sebanyak 100 gram. Kemudian, sediakan air bersih 1 liter dan gula batu yang telah dihaluskan sebanyak 150 gram.

Langkah pertama dalam cara memasak kolang kaling untuk obat adalah mencuci kolang kaling hingga bersih. Gunakan air yang mengalir untuk membersihkan kolang kaling dari debu dan kotoran.

Setelah membersihkan kolang kaling, rebus air hingga mendidih di dalam panci yang cukup besar. Masukkan kolang kaling yang sudah dicuci bersih ke dalam panci dan biarkan kolang kaling direbus selama kurang lebih 30 menit.

Lihat juga:  Menu Berbuka Puasa untuk Diet Sehat dan Tetap Nikmati Kenikmatan Makanan

Selanjutnya, tambahkan gula batu halus ke dalam rebusan kolang kaling tersebut hingga gula batu benar-benar larut dan tercampur rata dengan air rebusan kolang kaling.

Biarkan rebusan kolang kaling terus merebus selama kurang lebih 15 menit hingga airnya menyusut dan mengental. Setelah itu, matikan kompor dan diamkan hingga rebusan kolang kaling benar-benar dingin.

Saat rebusan kolang kaling sudah dingin, saring rebusan tersebut dengan menggunakan kain kasa atau saringan khusus. Tujuannya adalah untuk memisahkan daging kolang kaling dari air rebusannya.

Dalam membuat obat dari kolang kaling, sebaiknya kita menggunakan rebusan kolang kaling sebagai minuman yang dikonsumsi secara teratur. Biasanya, rebusan ini diminum sebanyak satu atau dua gelas setiap hari. Hal ini dapat membantu untuk mengobati beberapa jenis penyakit tertentu.

Lihat juga:  Aplikasi Pengolah Foto Terbaik untuk Android

Salah satu manfaat kesehatan dari kolang kaling yang paling terkenal adalah bisa membantu mengatasi masalah ginjal. Rebusan dari kolang kaling dipercaya dapat membantu membersihkan kandung kemih sehingga kotoran yang menumpuk di ginjal bisa keluar dengan lancar.

Selain itu, kolang kaling juga bisa membantu mengatasi dehidrasi. Untuk Anda yang seringkali merasa haus, cobalah mengonsumsi minuman dari rebusan kolang kaling ini secara rutin.

Obat dari kolang kaling juga dibutuhkan untuk mengobati beberapa jenis penyakit infeksi, seperti radang tenggorokan, bronkitis, dan pneumonia. Begitu pula bagi Anda yang sering mengalami masalah pencernaan seperti sembelit atau bahkan diare.

Lihat juga:  Cara Mendapatkan Obat Gastrul Di Apotik

Bahkan, kolang kaling juga dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat atau gatal-gatal. Cara menggunakannya, cukup tempelkan rebusan kolang kaling pada kulit yang bermasalah selama beberapa menit.

Meskipun kolang kaling sangat bermanfaat untuk kesehatan, terdapat beberapa orang yang sebaiknya tidak mengonsumsi obat dari kolang kaling. Orang yang berada dalam kondisi kesulitan pencernaan, menderita diabetes, atau tengah dalam masa kehamilan dan menyusui sebaiknya tidak mengonsumsi obat dari kolang kaling.

Sekarang kalian bisa mencoba cara memasak kolang kaling untuk obat sendiri di rumah dan memanfaatkannya untuk menjaga kesehatan tubuh kalian. Semoga bermanfaat!

Kesimpulan

Kolang kaling dapat dimanfaatkan sebagai obat alami dengan berbagai manfaat kesehatan. Untuk memasaknya, pertama kita perlu mencuci kolang kaling, merebusnya dengan air, menambahkan gula batu halus, dan menyaring rebusannya. Obat dari kolang kaling ini dapat membantu mengatasi masalah ginjal, dehidrasi, infeksi, dan masalah kulit.

Lihat juga:  Cara Menghilangkan Kutil Secara Alami Dan Cepat

Penutup

Semoga setelah membaca artikel ini, kalian jadi lebih paham tentang cara memasak dan memanfaatkan kolang kaling untuk obat. Namun, sebaiknya kalian berkonsultasi lebih dulu dengan dokter atau ahli kesehatan sebelum mengonsumsi obat dari kolang kaling untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan. Tetap jaga kesehatan dan hidup sehat ya!