Cara Alami Mengobati Tenggorokan Gatal

Cara Alami Mengobati Tenggorokan Gatal – Halo pembaca! Apakah kesulitan saat menelan makanan karena tenggorokan gatal? Tenggorokan gatal memang bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, tidak perlu khawatir, terdapat beberapa cara alami mengobati tenggorokan gatal yang bisa dicoba di rumah. Simak artikel ini lebih lanjut untuk mengetahui cara-cara yang bisa membantu meredakan rasa gatal pada tenggorokan. Yuk, simak!

Cara Alami Mengobati Tenggorokan Gatal

Tenggorokan gatal dapat terjadi pada siapa saja, baik anak-anak maupun dewasa. Biasanya, gejala ini ditandai dengan rasa tidak nyaman pada tenggorokan dan sering diikuti dengan batuk atau pilek. Namun, jangan khawatir, ada beberapa cara alami yang dapat membantu mengobati tenggorokan gatal.

Lihat juga:  Cara Mengobati Daerah Kewanitaan Yang Lecet

1. Madu dan Lemon

Menyeduh air hangat dengan madu dan perasan lemon dapat membantu meredakan tenggorokan gatal. Madu dikenal memiliki sifat antibakteri yang baik, sementara lemon kaya akan vitamin C yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda dapat melakukannya 1-2 kali sehari.

2. Teh Jahe

Jahe dikenal sebagai ramuan obat tradisional yang efektif dalam membantu meredakan tenggorokan gatal. Cukup rebus jahe dalam air, kemudian tambahkan sedikit gula untuk memberikan rasa manis. Jika tidak suka teh panas, Anda dapat menikmatinya dingin dengan tambahan es batu.

3. Garam dan Air Hangat

Menyeduh air hangat dengan garam dan berkumur dapat membantu mengurangi peradangan dan meredakan rasa sakit pada tenggorokan. Lakukan kumur selama beberapa menit sebelum berkumur dengan air putih.

4. Teh Peppermint

Peppermint merupakan bahan alami yang bersifat anti-inflamasi sehingga dapat membantu meredakan tenggorokan gatal dan membedakan dahak. Anda dapat menyeduh teh peppermint atau meminum minuman yang mengandung peppermint.

Lihat juga:  Cara Membuat Saus Pedas Alami

5. Makanan yang Mudah Dicerna

Ketika tenggorokan terasa gatal, hindari makanan yang keras atau pedas. Sebaliknya, makan makanan yang mudah dicerna seperti sup ayam atau buah-buahan. Hal ini akan membantu menghindari rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhan tenggorokan gatal.

6. Teh Chamomile

Teh Chamomile mempunyai sifat anti-inflamasi dan meredakan stres. Hal ini dapat membantu meredakan gejala tenggorokan gatal dan memberikan rasa tenang pada tubuh.

7. Gargle dengan Air Jeruk Nipis

Campurkan air hangat dengan air jeruk nipis dan berkumur selama beberapa menit. Air jeruk nipis membantu menghilangkan kuman dan dapat mengatasi tenggorokan gatal Anda. Anda dapat melakukan hal ini 2-3 kali sehari.

8. Air Kelapa

Air kelapa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Minum air kelapa dapat membantu meredakan tenggorokan gatal, kelapa ini juga dapat membantu meredakan dehidrasi pada tubuh.

Lihat juga:  Cara Menghilangkan Benjolan Di Kelopak Mata Secara Alami

9. Banyak Istirahat

Tenggorokan gatal dapat terjadi akibat kelelahan fisik atau kurang istirahat. Jangan ragu untuk beristirahat dan tidur lebih banyak. Ini akan membantu tubuh Anda mempercepat proses penyembuhan tenggorokan gatal.

10. Vitamin C

Asupan vitamin C yang cukup dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi. Konsumsi makanan yang kaya vitamin C seperti jeruk, strawberry, atau paprika merah.

11. Hindari merokok

Merokok merupakan kebiasaan buruk yang dapat merusak sistem pernapasan. Selain itu, merokok juga dapat memperparah gejala tenggorokan gatal. Oleh karena itu, hindari merokok dalam jumlah yang cukup.

12. Minum Air Putih

Toxins yang terkumpul di dalam tubuh dapat menyebabkan masalah kesehatan, termasuk memperparah gejala tenggorokan gatal. Minumlah setidaknya 8 gelas air sehari agar tubuh Anda terus terhidrasi dengan baik dan membantu menjaga kesehatan tenggorokan Anda.

13. Minyak Kelapa

Minyak kelapa mempunyai sifat anti-inflamasi dan antivirus serta dapat membunuh bakteri. Konsumsi minyak kelapa dapat membantu mengatasi tenggorokan gatal dan mengurangi peradangan pada tenggorokan.

Lihat juga:  Cara Mengobati Biang Keringat Pada Orang Dewasa Secara Alami

14. Kunyit

Kunyit memiliki kandungan kurkumin yang dapat membantu meredakan peradangan pada tenggorokan. Campurkan kunyit dengan air hangat dan garam, kemudian berkumur selama 30 detik. Lakukan ini 3-4 kali sehari untuk hasil yang optimal.

15. Jangan terlalu berbicara

Mengobati tenggorokan gatal berarti harus memberikan juga waktu untuk tenggorokan anda. Hindari terlalu banyak berbicara atau berteriak agar tenggorokan Anda terhindar dari infeksi.

16. Bengkoang

Bengkoang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, serta mengandung banyak vitamin C yang berfungsi memperkuat sistem kekebalan tubuh. Konsumsi bengkoang dengan cara diiris dan dicampur madu agar bisa menjadi alternatif alami dalam mengobati tenggorokan gatal.

17. Hidup Sehat

Maintain hidup yang sehat juga sangat penting dalam mencegah tenggorokan gatal. Jaga asupan makanan yang sehat dan teratur, melakukan olahraga secara teratur, istirahat yang cukup dan hindari kebiasaan buruk seperti merokok.

18. Kunyah Permen

Kunyah permen dapat membantu memicu lebih banyak ludah dalam tubuh. Ludah memiliki sifat anti-bakteri yang membantu menetralkan bakteri di dalam tubuh Anda, sehingga Anda tidak rentan terhadap infeksi.

Lihat juga:  Cara Mengobati Homoseksual

19. Air Jahe

Jahe menawarkan khasiat anti-inflamasi wonder. Memasak akar segar dalam air selama sekitar 20 menit, lalu campur madu dan lemon dan minum selama 3-4 hari dapat membantu meredakan gejala tenggorokan gatal.

20. Kompres Air Es

Untuk mengurangi rasa sakit pada tenggorokan, Anda dapat menggunakan kompres air es. Cukup balut es dalam handuk atau kain tipis dan tempatkan di tenggorokan Anda. Lakukan ini selama 15-20 menit beberapa kali sehari.

Kesimpulan

Mengobati tenggorokan gatal dapat dilakukan dengan beberapa cara alami seperti madu dan lemon, teh jahe, garam dan air hangat, teh peppermint, makanan yang mudah dicerna, teh chamomile, air kelapa, banyak istirahat, vitamin C, hindari merokok, minum air putih, minyak kelapa, kunyit, jangan terlalu berbicara, bengkoang, hidup sehat, kunyah permen, air jahe, dan kompres air es.

Penutup

Dalam hal pengobatan, bahan alami adalah cara terbaik karena tidak memiliki efek yang merugikan tubuh. Namun, jika gejala tenggorokan gatal bertahan lebih dari seminggu dan diikuti dengan demam atau sulit menelan, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter. Semoga artikel ini membantu Anda dalam mengatasi tenggorokan gatal.