Cara Alami Mengobati Sakit Kuning Pada Bayi

Cara Alami Mengobati Sakit Kuning Pada Bayi – Halo pembaca setia, kali ini kita akan membahas tentang cara alami mengobati sakit kuning pada bayi. Sakit kuning atau jaundice pada bayi adalah kondisi yang umum terjadi pada bayi baru lahir. Meski tergolong ringan, sakit kuning bisa menyebabkan ketidaknyamanan pada bayi. Nah, untuk kamu yang sedang mencari cara alami mengobati sakit kuning pada bayi, yuk simak artikel ini sampai selesai.

Cara Alami Mengobati Sakit Kuning Pada Bayi

Sakit kuning pada bayi menjadi hal yang perlu diwaspadai bagi para orangtua. Kondisi ini terjadi ketika zat bilirubin pada bayi menumpuk, sehingga menyebabkan kulit dan putih mata berubah menjadi kuning. Seiring dengan perkembangan teknologi, terdapat berbagai cara untuk mengobati sakit kuning pada bayi, namun tidak sedikit pula yang memilih cara alami sebagai alternatif pengobatan. Berikut ini adalah beberapa cara alami yang dapat dilakukan untuk mengatasi sakit kuning pada bayi:

Lihat juga:  3 Kesalahan Umum dalam Mengelola Duit dan Cara Menghindarinya

Cara Mengurangi Risiko Sakit Kuning

Sebelum membahas tentang cara alami mengobati sakit kuning pada bayi, perlu diketahui bahwa ada beberapa cara untuk mengurangi risiko sakit kuning pada bayi. Salah satu caranya adalah memberikan ASI secara eksklusif dan rutin. ASI mengandung protein yang sangat mudah dipecah dan dicerna oleh tubuh bayi serta memiliki sifat antibakteri yang dapat mendukung pertumbuhan mikroba baik dalam usus bayi. Selain itu, hindari memberikan nutrisi tambahan seperti susu formula atau makanan padat pada bayi selama 6 bulan pertama kehidupannya.

Terapi Cahaya Surya

Terapi cahaya surya merupakan salah satu cara alami paling umum yang digunakan untuk mengobati sakit kuning pada bayi. Terapi ini melibatkan paparan cahaya matahari pada bayi selama beberapa menit. Paparan sinar matahari melalui kulit bayi membantu mengubah bilirubin dari bentuk yang tidak mudah dihilangkan oleh ginjal menjadi bentuk yang lebih mudah dikeluarkan oleh tubuh. Terapi cahaya surya dapat dilakukan di rumah dengan menempatkan bayi di bawah sinar matahari pagi atau di bawah cahaya yang disediakan oleh lampu khusus yang direkomendasikan dokter.

Pemberian Teh Kunyit

Teh kunyit memiliki khasiat antioksidan dan anti-radang yang dapat membantu mengurangi bilirubin pada bayi. Caranya adalah dengan mencuci dan mengupas kunyit lalu diparut dan hasil parutan kunyit tersebut dicelupkan pada secangkir air panas. Setelah itu, air tersebut diambil dan diberikan pada bayi sedikit-sedikit menggunakan sendok. Namun, penggunaan teh kunyit perlu dilakukan dengan hati-hati dan tidak disarankan untuk bayi di bawah usia 6 bulan.

Lihat juga:  Cara Mengobati Gatal Karena Tungau Secara Alami

Berikan ASI dalam Jumlah yang Cukup

ASI yang diberikan dalam jumlah yang cukup sangat penting untuk membantu bayi yang mengalami sakit kuning. ASI terdiri dari berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan oleh bayi, termasuk glukosa yang dapat membantu mengikat bilirubin dalam darah bayi. ASI juga dapat membantu melancarkan pergerakan usus bayi, sehingga bilirubin yang dikeluarkan bisa lebih mudah.

Penggunaan Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung antioksidan dan senyawa anti-inflamasi yang membantu meningkatkan fungsi hati dan mengurangi peradangan pada tubuh bayi. Caranya, oleskan minyak zaitun pada kulit bayi yang terkena sakit kuning dan pijat dengan lembut. Lakukan teknik pijatan pada area tertentu di area perut dan hati bayi secara teratur.

Perbanyak Konsumsi Air

Bayi yang mengalami sakit kuning perlu minum air yang cukup agar tubuhnya dapat membuang bilirubin dengan lebih efektif. Air juga dapat membantu melancarkan pencernaan bayi dan membantu tubuh bayi untuk bekerja lebih baik dalam mengeluarkan bilirubin. Pastikan untuk memberikan air putih yang telah direbus pada bayi Anda atau menggunakan air yang telah tersedia di pasaran untuk bayi.

Pijat Bayi dengan Lembut

Pada bayi yang mengalami sakit kuning, hati dan ginjalnya bekerja lebih keras untuk membuang bilirubin. Pijat bayi dengan lembut dapat membantu melancarkan peredaran darah pada bayi, membantu meningkatkan aktivitas ginjal dan hati, sehingga bilirubin dalam darah bayi dapat terbuang lebih cepat. Lakukan pijatan dengan gerakan melingkar dan ringan pada bagian perut, kaki, dan lengan bayi ketika akan dimandikan atau sebelum memulai sesi tidur di malam hari.

Lihat juga:  Cara Menghilangkan Bubuk Pada Lemari Kayu Secara Alami

Berikan Jahe dan Madu

Jahe dan madu memiliki kandungan anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan pada bayi yang mengalami sakit kuning. Masukkan irisan jahe dan sedikit madu ke dalam air panas, kemudian dinginkan dan berikan pada bayi. Namun perlu diingat bahwa penggunaan jahe dan madu tidak disarankan pada bayi di bawah usia 6 bulan.

Perbanyak Asupan Serat

Asupan serat diperlukan dalam diet bayi yang sakit kuning. Serat membantu melancarkan pencernaan bayi dan membantu keluarnya bilirubin dari tubuh. Berikan makanan yang kaya akan serat seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Gunakan Kayu Buff untuk Memijat Bayi

Kayu buff adalah alat tradisional india yang digunakan untuk memijat bayi. Kayu buff dibuat dari kayu yang memiliki serat halus dan licin sehingga cocok digunakan untuk memijat bayi yang baru lahir dan bayi yang mengalami gangguan pencernaan, termasuk sakit kuning. Kayu buff dipijatkan dengan gerakan melingkar pada perut bayi, melalui gerakan pijat halus dan lembut pada area perut, ginjal dan hati.

Rutin Berolahraga

Bayi yang rutin berolahraga, bisa membantu mempercepat proses penyembuhan sakit kuning. Berolahraga dapat membantu mempercepat sirkulasi darah dan getah perut, sehingga bilirubin dapat keluar dengan lebih cepat. Lakukan olahraga seperti memberikan stimulasi gerakan kaki dan tangan bayi. Pastikan untuk melakukannya dengan lembut dan tidak berlebihan.

Lihat juga:  Cara Memutihkan Kulit Tubuh Secara Alami Dan Cepat

Berikan Air Kelapa pada Bayi

Air kelapa kaya akan serat dan zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh bayi. Air kelapa juga dapat membantu mengurangi sakit kuning pada bayi. Berikan air kelapa pada bayi sebagai minuman yang segar dan menyejukkan. Hindari memberikan air kelapa pada bayi yang belum berusia 6 bulan atau bayi dengan riwayat alergi terhadap air kelapa.

Penggunaan Berbagai Luwak dan Buah-buahan

Berbagai jenis dewasa dan buah-buahan memiliki kandungan antioksidan yang tinggi serta sifat anti-inflamasi yang sangat baik untuk bayi yang sedang mengalami sakit kuning. Selai itu, berbagai jenis buah-buahan serta sayuran yang kaya akan vitamin dan mineral juga dapat membantu menjaga kesehatan bayi dan mempercepat penyembuhan sakit kuning.

Pemberian Air Susu Kedelai

Air susu kedelai memiliki kandungan protein yang tinggi dan dapat membantu melancarkan pencernaan bayi. Protein yang terkandung dalam susu kedelai juga dapat membantu menurunkan tingkat bilirubin pada bayi yang mengalami sakit kuning. Namun, pastikan bahwa bayi tidak memiliki alergi terhadap kedelai sebelum diberikan susu kedelai.

Pijat Reflexi pada Kaki Bayi

Pijat reflexi pada kaki bayi dapat membantu mempercepat penyembuhan sakit kuning pada bayi. Pijatan pada titik-titik tertentu pada bagian kaki membantu melancarkan peredaran darah pada tubuh bayi dan meningkatkan fungsi organ tubuh, termasuk ginjal dan hati.

Penggunaan Daun Sembung

Daun sembung memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu menurunkan tingkat bilirubin pada bayi. Caranya adalah dengan merebus daun sembung selama beberapa menit hingga airnya berubah warna dan kemudian diminumkan pada bayi yang sedang mengalami sakit kuning. Namun, penggunaan daun sembung perlu dihindari pada bayi yang alergi terhadap bahan alami.

Lihat juga:  Cara Mengobati Batuk Berdahak Pada Ibu Hamil

Berikan Teh Chamomile

Teh chamomile mengandung senyawa anti-inflamasi dan dapat membantu mempercepat proses penyembuhan pada bayi yang mengalami sakit kuning. Caranya, seduh teh chamomile secukupnya dengan air panas dan kemudian berikan pada bayi. Namun, perlu diingat bahwa teh chamomile tidak diperkenankan untuk bayi di bawah usia 6 bulan.

Mandikan Bayi dengan Air Hangat

Bayi yang mengalami sakit kuning perlu rutin dimandikan dengan air hangat, karena air hangat membantu melancarkan sirkulasi darah dan meningkatkan metabolisme tubuh bayi. Lakukan teknik pijat lembut pada area perut, kaki, dan lengan bayi ketika sedang dimandikan sehingga bilirubin dalam darah bayi dapat terbuang lebih cepat.

Perbanyak Porsi Makanan yang Mengandung Vitamin E

Vitamin E membantu melindungi sel-sel hati yang berfungsi penting dalam mendukung fungsi tubuh bayi. Bayi yang sakit kuning perlu makan makanan yang mengandung vitamin E yang cukup. Beberapa makanan yang kaya akan vitamin E seperti buah-buahan, kacang-kacangan, dan minyak zaitun.

Berikan Telur Rebus pada Bayi

Telur mengandung nutrisi seperti protein, vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat untuk kesehatan bayi. Telur juga dapat membantu menurunkan tingkat bilirubin pada bayi yang mengalami sakit kuning. Berikan telur rebus yang telah matang pada bayi secara rutin, namun pastikan tidak memberikan kuning telur pada bayi yang belum berusia 1 tahun.

Akhir Kata

Sakit kuning pada bayi adalah kondisi yang umum terjadi, namun dapat disembuhkan dengan cara yang tepat dan teratur. Banyak cara alami yang dapat dilakukan untuk mengobati sakit kuning pada bayi. Namun, jika terdapat gejala yang tidak biasa atau kondisi bayi semakin parah, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.