Cara Alami Mengobati Pneumonia

Cara Alami Mengobati Pneumonia – Assalamualaikum para pembaca setia. Pneumonia adalah penyakit yang sering menyerang orang-orang disekitar kita. Tentunya Anda tidak ingin terkena penyakit ini bukan? Ada beberapa cara alami yang dapat dilakukan untuk mengobati pneumonia. Simak artikel ini untuk mengetahui cara-cara alami yang dapat membantu Anda dalam mengatasi penyakit pneumonia. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Cara Alami Mengobati Pneumonia

Pneumonia merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup serius dan bisa mengancam keselamatan nyawa. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi pada saluran pernapasan bagian bawah, seperti bronkus dan paru-paru. Salah satu penyebab utama pneumonia adalah bakteri Streptococcus pneumoniae.

Pneumonia bisa menyerang siapa saja, terutama yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, seperti anak-anak dan orang tua. Jangan khawatir, ada beberapa cara alami mengobati pneumonia yang bisa dijadikan alternatif pengobatan.

Lihat juga:  Cara Menghilangkan Kerutan Dibawah Mata Alami

1. Tingkatkan Imunitas Tubuh
Imunitas tubuh yang kuat sangat penting dalam menghalau infeksi bakteri penyebab pneumonia. Jadilah seorang yang rajin berolahraga, konsumsi makanan yang bergizi, tidur yang cukup, dan hindari kebiasaan merokok.

2. Konsumsi Banyak Cairan
Cairan sangat dibutuhkan untuk membantu proses penyembuhan pneumonia. Minumlah air putih secara teratur minimal 8 gelas perhari. Selain air satu jenis cairan yang bisa berguna adalah teh hangat, probiotik dan jus buah-buahan segar.

3. Konsumsi Banyak Sayuran dan Buah
Sayuran dan buah-buahan yang segar sangat berguna dalam membantu mempercepat proses pemulihan pneumonia. Konsumsilah buah dan sayur yang kaya akan vitamin dan mineral.

4. Resting yang Cukup
Istirahat adalah hal yang sangat penting agar proses penyembuhan pneumonia menjadi lebih cepat. Kurangi aktivitas fisik dan istirahatlah selama yang dianggap perlu.

Lihat juga:  6 Rekomendasi Dry Shampoo Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

5. Perbanyak Minum Teh Jahe
Meningkatkan peningkatan aliran darah dan membantu memperbaiki pernapasan sehingga ampuh untuk mencegah pneumonia berkelanjutan.

6. Garlic Supplement
Garlic memiliki kandungan allicin yang dibuktikan sangat efektif dalam melawan bakteri penyebab pneumonia. Oleh karena itu bawang putih dapat dikonsumsi dalam jumlah teratur atau bisa mengonsumsi dari garlic supplement.

7. Minum Madu
Madu mengandung berbagai enzim, vitamin dan mineral untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan memperbaiki kesehatan paru-paru yang rusak.

8. Konsumsi Kunyit
Kunyit kaya akan kandungan kurkumin yang memiliki sifat anti-peradangan yang sangat bermanfaat dalam mengobati pneumonia.

9. Echinacea
Echinacea merupakan tanaman yang memiliki sifat anti-virus dan bakteri. Kandungan phytochemicals pada Echinacea juga mampu meningkatkan imunitas tubuh.

Lihat juga:  Cara Mengobati Gigitan Nyamuk Pada Burung Kenari

10. Konsumsi Mr-Propolis
Mr-Propolis merupakan salah satu jenis madu murni yang dikombinasikan dengan propolis alami. Mr-Propolis diketahui memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi dan dipercaya mampu membantu meningkatkan sistem imun, serta melawan infeksi virus dan bakteri.

11. Konsultasi Kesehatan
Selalu konsultasikan kondisi kesehatan Anda pada dokter spesialis paru-paru. Pisahkan antara pengobatan alami dan pengobatan medis sesuai dengan rekomendasi dokter.

12. Beralih ke Pneumonia Diet
Konsumsilah makanan yang memiliki kandungan tinggi vitamin A, C dan E, asam lemak omega-3, probiotik dan karoten. Hindari makanan pedas, pengawet dan kafein.

13. Istirahat yang Cukup
Beristirahatlah selama 6-8 jam per hari agar tubuh terhindar dari stres yang berlebihan. Hindari begadang atau aktivitas fisik terlalu berlebihan.

14. Penggunaan Essential Oil
Minyak esensial seperti peppermint, eucalyptus, dan rosemary membersihkan efek pencernaan, bisa membantu meningkatkan pernapasan dan mempercepat pemulihan dari pneumonia.

Lihat juga:  Bagaimana Cara Mengobati Ambeien Secara Alami

15. Konsumsi Jamu Obat Tradisional
Ramuan tradisional terbukti manjur dalam mempercepat proses penyembuhan pneumonia. Misalnya, bahan-bahan seperti daun sirih, temulawak, jahe, serta kunyit.

16. Hindari Stress Meresahkan
Stress yang mengganggu kondisi kesehatan seseorang harus dihindari. Caranya dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan seperti traveling, olahraga atau melakukan hobi.

17. Membersihkan Lingkungan
Menjaga kebersihan lingkungan seperti kamar tidur dan ruangan lainnya sangat penting untuk menjaga kebersihan udara dan mencegah penyebaran infeksi bakteri yang bisa menyebabkan pneumonia.

18. Perhatikan Ventilasi Udara
Perhatikan sirkulasi udara, jangan biarkan udara terperangkap dan selalu jaga kelembaban agar udara tidak terlalu kering.

19. Hindari Rokok
Asap rokok sangat berbahaya bagi kesehatan, apalagi bagi mereka yang sedang mengalami pneumonia. Hindari kebiasaan merokok dan jangan bergaul dengan perokok aktif.

Lihat juga:  Cara Alami Mengobati Biang Keringat

20. Miliki Pola Hidup Sehat
Lakukan semua tips di atas dan biasakan hidup sehat agar terhindar dari penyakit pneumonia dan berbagai jenis penyakit lain yang berbahaya.

Kesimpulan

Meskipun pneumonia merupakan penyakit yang cukup serius, terdapat bermacam cara alami mengobati pneumonia yang bisa kamu terapkan. Selalu konsultasikan pada ahlinya dan lakukanlah dengan konsisten agar kamu bisa segera sembuh.

Penutup

Itulah beberapa cara alami mengobati pneumonia yang bisa kamu terapkan, tentunya jangan lupa untuk mengimbangkan manfaat dan risiko dari obat-obatan sebagai alternatif pengobatan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu.