Cara Alami Mengobati Gatal Di Badan

Cara Alami Mengobati Gatal Di Badan – Halo para pembaca setia, apakah kamu sering merasakan rasa gatal di badan yang cukup mengganggu? Hal itu umum terjadi karena polusi dan keringat yang menumpuk, bisa juga karena alergi. Namun Kamu tak perlu khawatir, ada banyak cara alami yang bisa Kamu terapkan untuk meredakan gatal di badan secara efektif. Yuk, simak artikel ini selengkapnya!

Cara Alami Mengobati Gatal Di Badan

Ketika mengalami gatal-gatal di tubuh kita seringkali merasa gelisah dan tidak nyaman. Gatal bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti alergi, infeksi jamur, eksim, bahkan gigitan serangga. Meski gatal bisa diatasi dengan obat-obatan tertentu, namun ada beberapa cara alami yang dapat dilakukan agar gatal-gatal di badan bisa reda.

1. Mandi dengan air hangat

Mandi dengan air hangat dapat memberikan efek yang menenangkan pada kulit. Hal ini dapat membantu untuk mengurangi rasa gatal. Namun, pastikan air yang digunakan tidak terlalu panas, karena air yang terlalu panas dapat membuat kulit menjadi kering dan mengalami iritasi.

Lihat juga:  Cara Membuat Puisi Tentang Alam

2. Gunakan oatmeal

Oatmeal adalah salah satu bahan alami yang dapat membantu mengurangi gatal-gatal pada kulit. Caranya adalah dengan mencampurkan oatmeal yang sudah dihaluskan dengan air, lalu oleskan pada area kulit yang gatal. Biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air.

3. Minum banyak air

Ketika kita mengalami gatal-gatal, kita mungkin tergoda untuk menggaruk kulit yang gatal, namun hal ini dapat memperburuk kondisi kulit. Untuk mencegah kondisi ini, minumlah setidaknya 8 gelas air putih setiap hari. Air putih dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegah timbulnya gatal.

4. Hindari makanan tertentu

Beberapa jenis makanan tertentu seperti makanan pedas atau makanan tertentu yang mengandung zat tertentu, seperti kacang-kacangan dapat memicu timbulnya gatal-gatal pada kulit. Hindarilah makanan tersebut untuk menghindari timbulnya gatal di kulit.

5. Cari obat alami

Ada beberapa bahan alami yang bisa membantu mengurangi gatal pada kulit. Bahan-bahan tersebut antara lain adalah minyak kelapa, minyak zaitun, atau madu. Anda bisa mencoba mengoleskan bahan-bahan tersebut pada area kulit yang gatal.

Lihat juga:  Cara Mengobati Herpes Pada Bibir

6. Menjaga kebersihan kulit

Membersihkan kulit secara teratur dapat membantu mencegah timbulnya gatal atau infeksi pada kulit. Gunakan sabun yang memiliki pH yang seimbang dan hindari penggunaan scrub yang terlalu kasar.

7. Menjaga kelembapan kulit

Kulit yang kering dapat menyebabkan gatal-gatal. Menggunakan pelembap kulit dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegah timbulnya gatal.

8. Hindari paparan sinar matahari

Sinar matahari dapat membuat kulit menjadi iritasi dan mengalami gatal. Hindari paparan sinar matahari pada jam-jam terik. Jika harus keluar rumah, gunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari.

9. Lakukan teknik relaksasi

Stres dan kecemasan dapat memicu timbulnya gatal-gatal pada kulit. Lakukan teknik relaksasi seperti yoga atau meditasi untuk mengurangi stres.

10. Hindari pakaian terlalu ketat

Pakaian yang terlalu ketat dapat meningkatkan suhu kulit dan memicu timbulnya gatal-gatal pada kulit. Hindari penggunaan pakaian yang terlalu ketat.

Lihat juga:  Cara Mengobati Engkel

11. Olahraga secara teratur

Olahraga secara teratur dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini dapat membantu mencegah timbulnya gatal-gatal pada kulit.

12. Hindari penggunaan parfum atau pewangi lainnya

Penggunaan parfum atau pewangi lainnya dapat memicu timbulnya gatal-gatal pada kulit. Hindari penggunaan barang-barang tersebut pada kulit dan gunakan alternatif yang lebih aman seperti minyak esensial.

13. Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Buah dan sayur mengandung vitamin dan mineral yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Konsumsi buah dan sayur dalam jumlah yang cukup dapat membantu mencegah timbulnya gatal-gatal pada kulit.

14. Gunakan bahan alami untuk membersihkan kulit

Bahan-bahan alami seperti cuka apel, minyak zaitun, dan lidah buaya dapat membantu membersihkan kulit dengan lembut dan efektif. Gunakan bahan-bahan tersebut sebagai alternatif dari sabun yang mengandung bahan kimia.

15. Sering-seringlah beristirahat

Istirahat yang cukup dapat membantu mengurangi stres dan memberikan waktu bagi tubuh kita untuk pulih. Hal ini dapat membantu mencegah timbulnya gatal-gatal pada kulit.

Lihat juga:  Cara Memperbaiki Gigi Tonggos Secara Alami

16. Hindari penggunaan bahan kimia

Bahan kimia pada produk kecantikan atau bahan pembersih rumah tangga dapat memicu timbulnya gatal-gatal pada kulit. Hindarilah penggunaan produk yang mengandung bahan kimia atau gunakan produk alternatif yang lebih aman.

17. Gunakan pelembap kulit yang berkualitas

Pelembap kulit yang berkualitas dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegah kulit menjadi kering dan mengalami gatal-gatal.

18. Hindari penggunaan pakaian yang terbuat dari bahan sintetis

Pakaian yang terbuat dari bahan sintetis dapat membuat kulit menjadi tidak berkeringat dan meningkatkan risiko kulit mengalami iritasi dan gatal. Gunakan pakaian yang terbuat dari bahan yang lebih alami seperti kapas atau wol.

19. Lakukan cek kesehatan secara berkala

Kesehatan kulit dapat mempengaruhi kondisi tubuh secara keseluruhan. Lakukan cek kesehatan kulit secara berkala dan periksakan keluhan gatal-gatal yang terus terjadi pada kulit.

20. Jangan membuat gatal-gatal menjadi lebih buruk

Lihat juga:  Cara Mengobati Usus Buntu Dengan Alami

Ketika kita merasakan gatal-gatal pada kulit, janganlah membuat kondisi kulit menjadi lebih buruk dengan menggaruk kulit yang gatal. Garukan tersebut dapat menyebabkan infeksi pada kulit dan memperparah kondisi kulit yang gatal.

Kesimpulan

Gatal-gatal pada kulit dapat terjadi karena berbagai hal, namun kita bisa mengatasinya dengan cara-cara alami. Mandi dengan air hangat, minum air putih yang cukup, menjaga kelembapan kulit, dan menghindari penggunaan produk yang mengandung bahan kimia adalah beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi gatal-gatal pada kulit.

Penutup

Dengan melakukan perawatan kulit yang baik dan memilih cara-cara alami yang tepat, kita bisa mengatasi masalah gatal-gatal pada kulit dengan mudah dan efektif. Namun, jika gatal-gatal pada kulit terus berlanjut atau semakin parah, segeralah konsultasikan dengan dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.