Dampak Kehadiran Teknologi Digital untuk Mencari Pekerjaan

GadGet – Hadirnya teknologi digital memberikan kesempatan kepada para pencari kerja untuk menggunakan waktunya secara efisien, dengan mencari dan melamar pekerjaan secara bersamaan tanpa harus keluar rumah, karena semuanya dapat dilakukan secara online, tanpa harus repot.

Internet telah menggantikan peran media fisik, semua bisa dilakukan hanya melalui gadget. Selain itu, menjamurnya situs pencari kerja resmi dan terpercaya memudahkan proses mencari pekerjaan, melamar, menjadwalkan wawancara kerja.

Kemudahan Mencari Pekerjaan Online

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Studi Angkatan Kerja Nasional (Sakernas), jumlah angkatan kerja di Indonesia per Agustus 2022 meningkat menjadi 3,57 juta orang (dari total 143,72 juta) jika dibandingkan dengan periode sebelumnya.

Mencari kerja secara daring kini menjadi salah satu pilihan yang banyak dipilih oleh para pencari kerja, apalagi pasca pandemi Covid-19, dimana sebagian besar aktivitas dilakukan tanpa tatap muka.

Lihat juga:  OPPO Pamerkan Smartphone Lipat Terbaru OPPO Find N2 Flip di MWC 2023

Lalu bagaimana internet memfasilitasi lowongan kerja? Hal ini tentunya dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain:

1. Mesin Pencari Pekerjaan: Ada banyak website seperti Kalibrr, Loker.id, Karir.com, JobStreet, dll yang menyediakan fitur mesin pencari kerja. Kami dapat mencari posisi yang tersedia di dalam perusahaan atau industri tertentu, berdasarkan lokasi, jenis pekerjaan dan kriteria lainnya.

2. Situs Web Perusahaan: Banyak perusahaan memiliki halaman “karir” di situs web resmi mereka. Halaman ini menampilkan posisi yang tersedia, kriteria yang dibutuhkan dan cara melamar. Ada juga informasi tambahan tentang perusahaan dan budaya kerja mereka.

3. Media Sosial: Pencari kerja dapat memanfaatkan situs media sosial seperti LinkedIn, Twitter, Instagram, Facebook, bahkan TikTok, untuk memperluas jaringan dan mencari lowongan kerja. Coba ikuti akun perusahaan, bergabunglah dengan grup yang relevan, dan bagikan informasi tentang pencarian kerja mereka sendiri.

Lihat juga:  Vivo V27 vs Vivo V27 Pro vs Vivo V27e: Perbandingan Spesifikasi

4. Aplikasi Pencari Kerja: Sebagian besar situs pencari kerja juga memiliki aplikasi yang dapat diunduh di perangkat smartphone. Pencari kerja dapat dengan mudah memperbarui profil mereka dan menemukan pekerjaan yang sesuai dengan preferensi mereka. Beberapa aplikasi bahkan memungkinkan pengguna melamar pekerjaan langsung dari aplikasi.

5. Pameran Kerja Online: Banyak perusahaan mengadakan bursa kerja online, di mana mereka memamerkan posisi yang tersedia dan memberikan kesempatan untuk berbicara langsung dengan tim perekrutan. Pencari kerja dapat mendaftar dan menghadiri acara ini dari rumah masing-masing.

Tips Pencarian Kerja Online

Mencari pekerjaan secara online tentunya juga membutuhkan persiapan yang matang, mulai dari mencari pekerjaan yang tersedia, mengirimkan CV dan dokumen lamaran lainnya, hingga wawancara online.

Lihat juga:  XL Axiata Mendorong Kesetaraan Digital bagi Perempuan.

Internet memiliki peran yang sangat besar dalam hal ini. Lantas, apa saja yang harus diperhatikan saat melakukan proses lamaran? Berikut adalah beberapa tips untuk mencari pekerjaan secara online?

1. Pastikan Koneksi Internet Cepat dan Stabil

Kegiatan yang dilakukan secara online membutuhkan jaringan internet yang cepat dan stabil, maka pastikan provider internet yang digunakan mampu memenuhi kedua kebutuhan tersebut.

Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan jaringan internet fiber optic. Misalnya seperti yang dimiliki oleh IndiHome dari Telkom Indonesia, atau beberapa provider lainnya.

Koneksi internet yang cepat memastikan semua aktivitas lamaran kerja online berjalan dengan lancar, mulai dari pengiriman dokumen hingga wawancara online.

2.Gunakan Situs dan Aplikasi Pencari Kerja Resmi

Situs dan aplikasi pencarian kerja sudah tersedia di internet dan sangat beragam. Pastikan mereka resmi dan memiliki reputasi yang baik dan dapat dipercaya. Keunggulan situs pencari kerja dan lamaran resmi adalah jaminan penanganan yang profesional jika terjadi masalah.

Lihat juga:  Hytera Indonesia Meluncurkan DMR H Series 2023 Baru

Cara mengetahui situs resmi dan aplikasinya adalah dengan melihat daftar perusahaan yang dipastikan ada, serta review para pencari kerja dan penyedia di laman website, dan diakui oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Terkadang ada scammer yang mengincar pelamar kerja dengan meminta sejumlah uang agar lamaran bisa cepat diproses. Jika Anda menemui hal ini, segera laporkan ke administrator, karena situs dan aplikasi resmi akan segera menindak tegas pelakunya.

3. Buat Halaman Profil yang Menarik

Agar halaman profil Anda terlihat menarik, pastikan Anda mengunggah foto yang rapi, sopan, dan terlihat profesional. Sertakan deskripsi singkat tentang diri Anda, serta informasi pribadi seperti nama lengkap, alamat email, dan nomor telepon.

Lihat juga:  Qualcomm Umumkan Snapdragon X75, X72, dan X35 5G M.2 dan LGA Reference Designs

Pastikan Anda mengunggah resume atau CV terbaru yang selain berisi data pribadi, juga memuat informasi pendidikan dan pengalaman kerja. Jika dianggap perlu, sertakan juga akun media sosial.

Untuk pelamar yang tidak memiliki pengalaman kerja tetap, mereka dapat memasukkan magang, pekerja lepas, pengalaman paruh waktu atau proyek lain yang pernah mereka kerjakan. Jika Anda memiliki keterampilan khusus, pastikan untuk menjelaskan apakah itu keterampilan teknis atau interpersonal.

Portofolio juga merupakan bagian penting dari lamaran pekerjaan. Jika Anda memilikinya, unggahlah sebagai bagian dari dokumen pendukung.

Secara keseluruhan, internet telah membuat pencarian kerja menjadi lebih efisien dan mudah diakses, membantu pencari kerja menemukan pekerjaan yang sesuai dengan keterampilan dan minat mereka.