Alni, Asisten Virtual Telemedisin Berbasis AI

GadGet – Alodokter meluncurkan inovasi terbarunya dengan meluncurkan Alni, asisten virtual berbasis Artificial Intelligence (AI) yang mengubah data menjadi informasi. Alni sebagai asisten dokter virtual dikembangkan untuk mendukung dan membantu dokter dalam memberikan analisa dan diagnosis keluhan pasien, dimana Alni memiliki kemampuan untuk memahami konteks pertanyaan pasien, sehingga konsultasi dengan dokter melalui aplikasi Alodokter menjadi lebih mudah, efisien . dan lebih tepatnya.

Kehadiran Alni mirip dengan kehadiran ChatGPT, sebuah chatbot berbasis AI yang mampu melakukan percakapan dan memberikan jawaban atas kebutuhan penggunanya, hanya saja Alni dikhususkan untuk telemedicine.

Lihat juga:  IOH dan GSMA Tingkatkan Ketahanan Lingkungan dan Ekonomi Indonesia

Alni diharapkan dapat mendukung layanan telemedicine sehari-hari masyarakat Indonesia dengan menggunakan teknologi natural language processing (NLP) yang memungkinkan Alni memahami bahasa sehari-hari dan mampu membedakan puluhan ribu kondisi medis yang didukung dan dioptimalkan oleh algoritma dan kumpulan data raksasa dari interaksi percakapan pasien-dokter dalam ekosistem Alodokter.

Dengan kecanggihan tersebut, Alni mampu berdialog dan mengajukan pertanyaan kritis seputar kesehatan pasien baik gejala maupun kondisi untuk memahami dan melakukan pengkajian medis secara mendalam.

Lebih dari sekedar dialog, Alni memiliki keterampilan kognitif untuk menentukan tingkat risiko pasien dari kecil hingga langsung, ini adalah hasil dari aspek pemrograman Alni yang berfokus pada pemilihan algoritme yang tepat untuk mencapai hasil akurat yang dikonfirmasi lebih lanjut oleh dokter.

Lihat juga:  Ini Daftar Anggota Dewan Komisaris dan Direksi Baru GoTo

Louise Hewitt, Chief Medical Officer Alodokter mengatakan, Alodokter memahami pentingnya inovasi baru untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan meningkatkan interaksi di platform Alodokter. Karena itu, Alodokter mengembangkan Alni sebagai alat keputusan klinis, dengan kemampuan berinteraksi dengan pasien terkait kondisi kesehatan.

Alni adalah asisten virtual yang kuat, modular, dan ramah pengguna yang bertujuan untuk meningkatkan interaksi pasien dengan sistem perawatan kesehatan. Alni memastikan bahwa data pasien yang sensitif disimpan dan dianalisis dengan aman, pasien berinteraksi dengan sistem perawatan kesehatan untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan medis mereka, memastikan bahwa pasien dapat mengambil kembali diagnosis mereka berdasarkan gejala yang diberikan menggunakan antarmuka yang kompatibel dengan bahasa manusia, dan mendukung pasien dalam membuat janji dengan dokter atau klinik yang dipilih, semua dikonfirmasi oleh dokter.

Lihat juga:  Kembangan Talenta Digital, Huawei bergabung dengan UNESCO Global Alliance for Literacy

“Sejauh ini Alni memiliki rekam jejak yang sangat baik dalam beberapa tahun terakhir, di mana kami berhasil meningkatkan akurasi prosedur medis secara signifikan. Tingkat kepuasan pasien meningkat 15% saat menggunakan Alni dibandingkan konsultasi tanpa asisten ini, dan dokter bekerja 100% lebih efisien dalam memberikan perawatan medis kepada pasien,” tambah Louise Hewitt.

Hadirnya fitur Alni dalam layanan Alodokter memberikan nilai tambah pada 5 (lima) fitur utama Alodokter dengan kemudahan, kecepatan dan kualitas akses kesehatan yang dapat dinikmati pengguna. Lima fitur utama Alodokter yang dapat dinikmati pengguna dalam mengambil keputusan terbaik terkait kesehatan, antara lain pengguna diberikan fasilitas telekonsultasi dengan dokter, membuat janji antar dokter atau mencari rumah sakit pilihan, akses artikel kesehatan terlengkap dan perlindungan kesehatan dengan Aloproteksi.