Bagaimana Cara Menghitung Dosis Obat

Bagaimana Cara Menghitung Dosis Obat – Hai pembaca setia, kali ini kita akan membahas tentang cara menghitung dosis obat yang benar. Penting untuk memahami cara penghitungan dosis obat agar tidak terjadi overdosis atau underdosis pada pasien. Dalam menghitung dosis obat, perlu diperhatikan berbagai faktor seperti berat badan, usia, gangguan fungsi organ, jenis obat, dan dosis yang diresepkan oleh dokter. Yuk, simak artikel ini dengan seksama untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara menghitung dosis obat.

Bagaimana Cara Menghitung Dosis Obat

Setiap orang pasti tidak ingin sakit atau terkena penyakit apapun. Namun, jika hal tersebut terjadi, maka kita harus segera mencari pengobatan dan mengonsumsi obat-obatan yang sesuai. Namun, perlu diingat bahwa obat-obatan harus dikonsumsi sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Sebab, overdosis bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Lihat juga:  Cara Ke Alam Sutera Naik Kereta

Menghitung dosis obat bukanlah hal yang sulit. Namun, kita harus memperhatikan beberapa hal sebelum mengkonsumsinya. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menghitung dosis obat.

1. Perhatikan Kemasan Obat

Sebelum mengkonsumsi obat, pastikan bahwa kita membaca kemasannya terlebih dahulu. Di kemasan obat biasanya akan terdapat informasi tentang dosis yang harus dikonsumsi. Informasi tersebut biasanya tertera pada bagian dosis atau cara pakai obat.

Bahkan, pada kemasan obat yang digunakan pada anak-anak ada petunjuk dosis obat yang disesuaikan dengan berat badan. Sehingga sangat penting untuk membaca kemasan obat dengan baik.

Lihat juga:  Cara Menghilangkan Jerawat Dan Bekas Jerawat Secara Alami

2. Kenali Jenis Obat yang Akan Dikonsumsi

Jenis obat yang akan dikonsumsi juga perlu diperhatikan. Sebab, setiap jenis obat memiliki dosis yang berbeda. Sebagai contoh, obat flu dan sakit kepala sebaiknya tidak dikonsumsi dengan dosis yang sama meski terlihat memiliki gejala yang sama.

Untuk itu, kita harus mengetahui jenis obat yang di konsumsi sebelum menghitung dosisnya. Kita bisa menanyakan kepada dokter atau apoteker tentang dosis dari jenis obat yang akan dikonsumsi.

3. Perhatikan Umur dan Berat Badan

Setiap orang mempunyai dosis obat yang berbeda dan berdasarkan usia dan berat badan yang mereka miliki. Ada beberapa obat yang dosisnya harus disesuaikan dengan berat badan atau umur seseorang. Sehingga hal ini harus diperhatikan sebelum mengkonsumsi obat.

Lihat juga:  Cara Mengobati Gigitan Nyamuk Cikumunya

Untuk mengukur berat badan, kita bisa menggunakan timbangan digital. Jika tidak mempunyai timbangan digital, maka bisa mengkonversikan berat badan dalam satuan kilogram dengan mengalikan berat badan dalam satuan pound dengan 0,45.

4. Gunakan Alat Pengukur Dosis yang Tepat

Kita juga harus memperhatikan alat pengukur dosis obat yang digunakan. Pastikan alat yang digunakan tepat dan sesuai dengan jenis obat yang akan dikonsumsi. Misalnya, obat sirup biasanya diberikan dengan sendok takar atau gelas ukur agar dapat dikonsumsi dengan dosis yang tepat.

Lihat juga:  Cara Mengobati Amandel Secara Tradisional

Namun, jika tidak ada alat pengukur yang tepat, maka bisa menggunakan sendok kecil atau garpu untuk mengukur dosis obat.

5. Jangan Menambah Dosis Sendiri

Jangan sembarang menambah dosis obat yang dikonsumsi tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Sebab, hal tersebut dapat menyebabkan kondisi kesehatan menurun dan bahkan bisa menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Untuk itu, pastikan kita mengkonsumsi obat sesuai dosis yang dianjurkan. Jika ingin mengubah dosis obat, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter atau apoteker terlebih dahulu.

6. Jangan Menghentikan Obat Tanpa Seijin Dokter

Jangan sembarang menghentikan pemakaian obat tanpa seijin dokter. Meski sudah merasa sembuh, tapi ada kemungkinan penyakit akan kambuh jika kita sembarangan menghentikan pemakaian obat.

Lihat juga:  8 Tahapan Kehamilan dari Konsepsi hingga Melahirkan

Jadi, pastikan kita selalu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menghentikan obat yang sedang dikonsumsi.

Kesimpulan

Menghitung dosis obat memang merupakan hal yang sangat penting dalam menjaga kesehatan kita. Terlebih lagi jika kita mengkonsumsi obat-obatan yang dijual bebas di apotek. Dalam menghitung dosis obat harus diperhatikan kemasan obat, jenis obat, berat badan, usia, dan alat pengukur dosis yang digunakan.

Jangan lupa, tidak sembarangan mengubah dosis obat atau menghentikan pemakaian obat tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Dan juga, jika masih bingung dalam menghitung dosis obat, pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter atau ahli farmasi.

Penutup

Demikianlah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menghitung dosis obat. Semoga dengan artikel ini, kita dapat mengonsumsi dan menghitung dosis obat dengan benar sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan dan menjaga kesehatan tubuh.