Apa pengertian Webmail dan beberapa contohnya yang perlu diketahui?

Webmail adalah layanan email berbasis web yang dapat diakses melalui browser tanpa perlu menginstal aplikasi email atau klien email desktop.

Tak heran, webmail cocok digunakan oleh individu, traveller, pelajar, hingga profesional yang membutuhkan kemudahan akses email dari berbagai perangkat. Hanya dengan masuk ke akun webmail, Anda dapat mengelola layanan email Anda.

Jika Anda tidak tahu apa itu webmail, Anda perlu membaca artikel ini. Setelah menyimak artikel ini, Anda akan mengetahui pengertian webmail, misalnya kelebihan dan kekurangan, untuk cara mengakses webmail.

Yuk scroll ke bawah!

Apa itu Webmail?

Webmail adalah layanan email yang dapat Anda akses melalui aplikasi web browser. Beberapa contoh webmail termasuk Gmail dan Yahoo.

Istilah webmail berasal dari kata surat berbasis webyang berarti layanan email yang memungkinkan Anda membaca, mengirim, dan mengelola akun email melalui web menggunakan browser di perangkat apa pun.

Lalu, apa perbedaan webmail dan email?

Perbedaan antara webmail dan email adalah email adalah pesan digital yang Anda tulis, sedangkan webmail adalah platform atau metode yang digunakan untuk mengakses layanan email melalui web browser.

Lihat juga:  Cara Menghilangkan Keputihan Secara Alami Saat Hamil

Dengan webmail, Anda dapat mengelola layanan email Anda dengan lebih fleksibel karena Anda tidak perlu menginstal aplikasi email apa pun di perangkat Anda.

Web mail masih menjadi pilihan sebagian pengguna dibandingkan dengan aplikasi mail client karena fungsi dan manfaatnya. Penasaran dengan manfaat webmail yang menjadi keunggulannya? Mari kita lanjutkan di bawah ini!

Manfaat Email Web

Webmail memudahkan siapa saja untuk mengakses layanan email terutama karena Anda tidak perlu menginstal aplikasi khusus apa pun. Manfaat webmail adalah:

  • Kemudahan akses layanan email cukup melalui web browser
  • Akses email tanpa perlu menginstal aplikasi email khusus
  • Bisa digunakan gratis, yang penting punya akses internet
  • Anda dapat merasakan fitur terbaru layanan email tanpa perlu memperbarui versi aplikasi

Sekarang! Jika Anda tertarik untuk menggunakan email web, Anda harus mengetahui pro dan kontra dari layanan email berbasis web ini. Jangan khawatir, kami akan membahasnya di bagian selanjutnya.

Kelebihan WebMail

Salah satu kelebihan webmail adalah fleksibilitas untuk mengakses email di beberapa perangkat sekaligus. Oleh karena itu, email web cocok untuk Anda yang sering bepergian dan menggunakan perangkat yang berbeda.

Ilustrasi pesawat

Selain itu, webmail juga menyediakan fitur untuk manajemen email. Mulai dari membaca email, mengirim email, hingga membalas dan menghapus email. Yang terpenting, Anda harus memiliki koneksi internet.

Lihat juga:  Cara Mengobati Batuk Pada Anak Secara Alami

Keuntungan lain dari webmail adalah bahwa ia memiliki kapasitas penyimpanan yang besar. Dengan menggunakan webmail, memori perangkat Anda akan lebih efisien.

Kekurangan Webmail

Selain kelebihan webmail, ada beberapa kekurangan yang membuatnya tidak sempurna. Pertama kamu mereka harus terhubung ke internet untuk dapat mengakses email melalui email web. Jika tidak, Anda tidak dapat menggunakannya sama sekali.

Dengan aplikasi email khusus, Anda tetap dapat membaca atau membuka email yang diterima karena pesan tersimpan di memori aplikasi. Sedangkan jika menggunakan webmail, terlebih dahulu harus bisa mengakses alamat tersebut melalui internet.

Dari segi fitur, biasanya layanan webmail juga memilikinya fungsi yang lebih terbatas menurut versi aplikasi klien email. Terutama ketika Anda ingin menyesuaikan layanan email, seperti pengaturan filter, tanda tangan digital, manajemen folder, dll.

Ilustrasi jari mengatur konfigurasi webmail

Terkadang, beberapa penyedia layanan webmail juga memasang iklan di platform mereka sehingga sedikit mengganggu.

Dari sudut pandang keamanan, webmail lebih rentan karena data email disimpan di server, bukan di perangkat. Jika server terkena malware atau serangan kejahatan dunia maya lainnya, data Anda juga berisiko.

Cara Mengakses Webmail

Ada beberapa cara untuk mengakses email web tergantung pada penyedia layanan email yang Anda gunakan. Secara umum, cara mengakses webmail adalah:

  1. Buka browser web Anda. Misalnya: Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Yandex.
  2. Masukkan alamat situs web layanan email web Anda. Misalnya: mail.google.com.
  3. Setelah masuk ke halaman login, masukkan alamat email dan kata sandi Anda.
  4. Jika login berhasil, Anda akan masuk ke halaman kotak masuk email web dan Anda juga dapat mengelola email.
Lihat juga:  Cara Agar Bibir Pink Alami

Bagi Anda yang memiliki website atau email hosting sendiri, Anda bisa membuka email Anda melalui cPanel.

Nah khusus untuk pengguna hosting Niagahoster Indonesia, Anda juga bisa mengakses webmail di Akun email cPanel melalui Area Anggota.

menampilkan Quick Shortcut ke cPanel di Member Area Niagahoster

Contoh Webmail

Saat ini banyak penyedia email yang sering Anda jumpai sudah memiliki aplikasi mail client sendiri. Namun, beberapa layanan mereka masih dapat diakses sebagai webmail.

Beberapa contoh webmail populer adalah:

1.Mail.google.com

email web GmailRingkasan: Hapus percikan

Gmail adalah layanan email yang memungkinkan Anda mengelola email melalui email web, klien email, atau aplikasi seluler.

Secara umum fitur webmail di Gmail tidak jauh berbeda dengan email client dan versi mobile. Oleh karena itu, Anda akan tetap mendapatkan pengalaman yang sama saat menggunakan berbagai jenis media untuk mengelola email dari Google.

2. Surat Yahoo

email web yahoo

Yahoo Mail juga menyediakan email versi web yang dapat Anda akses secara gratis. Dari segi tampilan dan fitur, Yahoo Mail di webmail memiliki tampilan antarmuka yang sedikit berbeda, tergantung dari jenis akun, perangkat, dan negara tempat pengguna berada.

Terkadang webmail Yahoo Mail juga menampilkan iklan yang bisa sedikit mengganggu tampilannya.

Lihat juga:  Cara Mengobati Jari Bayi Terluka

Meski begitu, Yahoo Mail tetap menjadi pilihan yang baik jika Anda membutuhkan layanan webmail dengan kapasitas penyimpanan yang besar dan terintegrasi dengan berbagai layanan Yahoo lainnya seperti Yahoo News dan Yahoo Finance.

3.Outlook.com

Email web OutlookSumber: Microsoft.com

Outlook adalah layanan email dan kalender yang dikembangkan oleh Microsoft. Bahkan jika Anda memiliki aplikasi, Anda juga dapat mengaksesnya melalui webmail.

Namun, fitur Outlook di webmail lebih terbatas dan antarmuka bisa sedikit rumit sehingga perlu waktu untuk membiasakan diri.

4. Surat Zoho

Contoh email web ZohoSumber: Zoho.com

Zoho Mail tersedia sebagai layanan email web yang memiliki fitur lengkap: mengatur email, membalas email, dan mengklasifikasikan email berdasarkan pencarian tertentu.

Melalui webmail ini juga, Anda dapat mengakses aplikasi Zoho lainnya, seperti Zoho CRM, Zoho Subscriptions, atau Zoho Notebook.

Zoho Mail juga memiliki panel kanan dan kiri untuk memudahkan Anda melihat notifikasi, mengelola pengaturan, dan melakukan pengelolaan email lainnya.

5. Surat Proton

Contoh email web ProtonMailSumber: Proton.me

Proton Mail memiliki banyak keunggulan dibandingkan webmail, seperti keamanan yang kuat dengan enkripsi end-to-end, mendukung Pretty Good Privacy (PGP) untuk memastikan bahwa pesan hanya dapat dibaca oleh pengguna, dan juga memiliki antarmuka yang mudah digunakan. dia.

Sayangnya, Proton Mail versi gratis memiliki kapasitas penyimpanan dan fungsi yang terbatas, sehingga Anda perlu melakukan upgrade ke versi premium jika ingin penggunaan yang lebih optimal.

Lihat juga:  Mengenal Serba-Serbi Motor Yamaha, Brand Jepang yang Telah Terbukti Kualitasnya di Indonesia

Webmail Adalah Solusi Akses Email yang Bebas Repot!

Webmail adalah solusi yang memungkinkan Anda mengakses email dari mana saja dan kapan saja tanpa repot. Bagi Anda yang sering bepergian dan menggunakan banyak perangkat, menggunakan layanan webmail adalah pilihan yang tepat.

Meski begitu, jangan lupakan kekurangan webmail juga. Meskipun webmail memberikan fleksibilitas yang besar, Anda harus memiliki koneksi internet yang memadai untuk dapat menggunakannya.

Selain itu, keamanan webmail juga cukup rentan, karena bergantung pada server yang digunakan penyedia layanan email tersebut. Jika server penyedia email web mengalami masalah, data Anda mungkin juga terpengaruh.

Eitss.. Jangan khawatir. Jika Anda membutuhkan webmail dengan sistem keamanan terbaik, Niagahoster menyediakan hosting email yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Inilah alasan mengapa Anda perlu menggunakan email hosting Niagahoster:

  • Menggunakan pusat data terbaik dan jaminan uptime 99,98%.
  • Jangan ragu untuk menggunakan email dengan domain pribadi
  • Proses pengiriman email cepat dan aman
  • Keamanan kotak surat dijamin sepenuhnya
  • Ini menyediakan fitur cadangan email mingguan otomatis

Jangan ragu, ayo miliki email profesional Anda sekarang!

Temukan artikel menarik lainnya di Google News

#Apa #Itu #Webmail #Cari #Tahu #Pengertian #Sampai #Contohnya arbo Apa Itu Webmail? Cari Tahu Pengertian Sampai Contohnya!