7 Strategi Promosi yang Efektif di Bulan Ramadan untuk Meningkatkan Penjualan

Bulan Ramadan adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda. Berikut adalah tujuh ide promosi yang dapat membantu Anda meningkatkan penjualan selama bulan suci ini, termasuk diskon khusus, promosi bundling, dan penawaran door-to-door. Jangan lewatkan kesempatan ini untuk memperluas basis pelanggan dan meningkatkan profit keuntungan.

7 Ide Promosi di Bulan Ramadan untuk Tingkatkan Penjualan

Brand bisa memanfaatkan bulan puasa untuk mengoptimalkan angka penjualan melalui beberapa ide promosi selama Ramadan.

Bagi Anda yang masih bingung ingin melakukan promosi seperti apa, tidak perlu khawatir.

Arbo telah menyiapkan beberapa ide inspiratif yang bisa Anda gunakan sebagai referensi.

Aneh? Langsung saja simak pembahasannya di bawah ini!

1. Flash sale pada waktu-waktu tertentu

Ide promosi pertama di bulan Ramadhan adalah memberikan flash sale pada waktu-waktu khas bulan Ramadhan, seperti sahur, gabuburit, tarawih, dan sebagainya.

Usahakan untuk memilih waktu di luar jam sholat. Pilih waktu luang agar lebih banyak orang melihat promosi Anda.

Anda dapat menentukan durasi flash sale sesuai dengan ketersediaan sumber daya.

Selain itu, Anda harus memilih waktu yang berbeda setiap hari. Jika sama, pelanggan Anda akan memilih untuk melewatkan flash sale karena mereka tahu promosinya masih di waktu yang sama keesokan harinya.

2. Kode voucher khusus Ramadhan

Anda bisa mendapatkan promo diskon lebih lanjut melalui kode voucher menarik khusus Ramadhan.

Agar sesuai dengan suasana Ramadhan 2023, Anda bisa membuat kode voucher yang berisi tulisan ‘ramadhan’, ‘puasa’, angka ‘1444’, dan seterusnya.

Semakin unik kodenya, semakin banyak orang yang tertarik untuk menggunakannya dan membicarakannya dengan orang-orang di sekitarnya.

Jika Anda ingin unggul, Anda dapat menyebarkan informasi promosi ini melalui kampanye pemasaran yang berbeda

3. Cashback spesial Ramadhan

Ide promosi bulan ramadhan berikutnya adalah mengembalikan uang kepada konsumen.

Sama seperti poin-poin sebelumnya, promo cashback ini bisa kamu sesuaikan dengan suasana Ramadhan.

Baik dari besaran refund yang disesuaikan untuk tahun Hijriah, maupun periode refund yang dilakukan pada waktu-waktu tertentu biasanya untuk bulan Ramadan.

Menurut Institute of Corporate Finance, cash back bisa memberi konsumen lebih banyak insentif atau dorongan untuk tetap membeli.

Jadi, tidak ada salahnya mencoba strategi promosi yang satu ini.

4. Beli 1 dapat 1

Jenis promosi ini tidak lekang oleh waktu. Baik di bulan Ramadan maupun bulan-bulan biasa, promo beli 1 gratis 1 selalu bisa menarik calon pelanggan.

Tanpa terikat dengan bulan Ramadhan, promo ini tetap bisa Anda jalankan dengan maksimal.

Kuncinya ada pada pemilihan produk. Usahakan memilih produk pendamping yang sesuai dengan produk utama dan yang dibutuhkan konsumen.

Misalnya kue kaleng khas Ramadan yang dipadukan dengan sekotak kurma, hijab yang dipadukan dengan sajadah, dan lain sebagainya.

Dengan begitu, target pasar Anda akan menganggap promo tersebut lebih menguntungkan daripada membelinya secara terpisah.

5. Diskon berdasarkan nomor Ramadan

Ide promosi ramadhan selanjutnya adalah diskon, dan besaran tersebut disesuaikan dengan hal-hal yang berhubungan dengan bulan ramadhan, misalnya:

  • Diskon Rp 30.000 (30 hari Ramadhan)
  • Diskon Rp 14.440, Rp 144.400 atau Rp 1.444.000 (1444 Hijriah)
  • Diskon 21% (Ramadhan 2023 mulai 21 Maret 2023

Selain menarik, promosi berupa potongan harga selalu menjadi strategi yang ditempuh oleh berbagai bisnis.

Apalagi jika dipadukan dengan strategi harga yang tepat. Untuk membuat diskon ini semakin menarik, Anda dapat menyebarkan berita melalui pemasaran media sosial atau pemasaran influencer.

6. Paket khusus untuk sahur atau buka puasa

Taktik ini sangat cocok untuk bisnis di sektor makanan dan minuman.

Manfaatkan bulan Ramadan untuk menawarkan harga spesial menu buka puasa atau sahur.

Dilansir dari Aaron Allen & Associates, cara ini pernah digunakan oleh KFC Pakistan yang membuat paket makanan untuk orang-orang yang mencari penawaran terbaik untuk sahur dan berbuka puasa.

Tersedia juga paket untuk anda yang ingin makan bersama teman.

Paket ini akan jauh lebih hemat bagi calon konsumen dibandingkan membelinya secara terpisah. Selain itu, adanya paket juga memudahkan mereka untuk tidak berpikir panjang saat memilih menu.

7. Paket khusus untuk keluarga

Ide promosi Ramadhan terakhir adalah paket khusus untuk keluarga. Bulan Ramadhan biasanya dekat dengan suasana kekeluargaan.

Jika poin sebelumnya cocok untuk industri FnB, taktik berikut lebih cocok untuk industri perhotelan seperti hotel.

Misalnya, perusahaan perhotelan menawarkan diskon kepada pengunjung yang ingin meningkatkan kamar.

Oleh karena itu, keluarga yang menginap tidak perlu menyewa kamar secara terpisah.

Dengan cara itu, jumlah hotel juga meningkat.

Berikut adalah beberapa ide promosi yang menginspirasi untuk produk atau layanan Anda di bulan Ramadhan. Semoga pembahasan kali ini dapat melengkapi strategi Anda saat ini.

Ingin mendapatkan tips menarik lainnya seputar bulan Ramadhan? Ayo baca lebih banyak artikel di Arbo Blog!

Ada banyak pembahasan seputar tips puasa, mulai dari topik produktivitas, ide konten, tips buka puasa, dan lainnya.

Klik link ini sekarang untuk membaca artikel lainnya ya!

in Conclusion

Dalam memeriahkan bulan Ramadan, terdapat 7 ide promosi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa. Mulai dari memberikan diskon khusus, memperkenalkan produk baru dengan strategi pemasaran yang tepat, hingga bekerjasama dengan influencer di media sosial. Dengan menjalankan ide-ide kreatif ini, diharapkan dapat meningkatkan pengunjung dan penjualan di toko atau bisnis Anda selama bulan Ramadan. Selamat mencoba!

Temukan artikel menarik lainnya di Google News

#Ide #Promosi #Bulan #Ramadan #untuk #Tingkatkan #Penjualan arbo 7 Ide Promosi di Bulan Ramadan untuk Tingkatkan Penjualan