7 Pilihan Camilan Sangat Bergizi dan Lezat untuk Bayi Usia 1 Tahun

Penting untuk memberikan cemilan bayi usia 1 tahun yang bergizi untuk si kecil.

Apalagi, tak terasa si kecil sudah mau menginjak 1 tahun ya Sobat! Semua perkembangannya selama ini tidak lepas dari kerja keras kedua orang tuanya.

Tentunya kedepannya akan semakin banyak perkembangan untuk bayi dan akan membuat Sobat takjub.

Oleh karena itu, ibu perlu menyiapkan cemilan bergizi untuk bayi berusia 1 tahun.

Dilansir dari laman Raising Children, bayi berusia 1 tahun akan mencoba berdiri sendiri. Selain itu, dia mulai mengucapkan beberapa kata yang dia pahami, seperti “da-da-da” atau “ma-ma-ma”.

Yuk, cari tahu jajanan apa saja untuk bayi usia 1 tahun yang bisa diberikan untuk si kecil ya Sobat.

Rekomendasi snack bayi usia 1 tahun yang sarat nutrisi

Bayi juga semakin menyukai finger food yang juga berguna untuk mengembangkan kemampuan motoriknya.

Oleh karena itu, tetap utamakan nutrisi dalam makanannya termasuk makanan ringan yang dikonsumsinya.

Berikut jajanan bayi usia 1 tahun yang bisa diberikan.

1. Roti Gandum dan Alpukat

Perpaduan 2 makanan bergizi tersebut dapat memberikan asupan nutrisi yang lengkap untuk bayi.

Lihat juga:  Cara Mengobati Benjolan Di Bulu Kemaluan Pria

Nah, Bunda bisa memilih roti gandum dan alpukat untuk dijadikan camilan bayi usia 1 tahun yang sehat, bergizi, dan mengenyangkan!

“Makan makanan sehat yang berbeda pada waktu yang sama sebenarnya lebih sehat daripada memakannya secara terpisah,” kata Ali Webster, PhD, RD, direktur komunikasi nutrisi di International Food Information Council Foundation, mengutip Refinery29.

Jika Anda perhatikan, baik gandum maupun alpukat memberikan nutrisi yang lengkap untuk tumbuh kembang bayi Anda.

Alpukat merupakan jenis buah yang memberikan nutrisi utama yang dibutuhkan bayi karena mengandung serat, vitamin C, magnesium, folat, dan vitamin K.

Alpukat juga merupakan sumber vitamin esensial yang baik untuk bayi sebagai camilan bayi usia 1 tahun.

Misalnya, kandungan vitamin A di dalamnya dapat menjaga kesehatan mata, memperkuat sistem kekebalan tubuh, serta menjaga kesehatan tulang.

Selain itu, menurut sebuah penelitian di British Medical Journal, roti gandum lebih sehat dibandingkan roti putih.

Roti putih rendah serat dan cenderung menyebabkan gula darah naik.

Di sisi lain, roti gandum kaya akan serat dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Jika berat badan bayi turun, maka roti gandum dan alpukat adalah kombinasi yang tepat.

2. Biskuit Gandum dengan Saus Apel

Camilan

Cemilan bayi 1 tahun berikutnya adalah kerupuk gandum dengan saus apel. Pernahkah Anda mencoba membuat saus apel di rumah? Ternyata caranya sangat sederhana.

Lihat juga:  Cara Mengobati Bengkak Bernanah

Bunda cukup mengupas dan memotong apel, lalu memasak apel yang sudah dipotong dengan campuran menggunakan kayu manis.

Selanjutnya apel yang sudah matang dihaluskan dengan sendok atau menggunakan food processor.

Biasanya bayi yang baru mulai MPASI (makanan pendamping ASI) bisa diberikan pure apel karena teksturnya yang sangat lembut.

Namun, bayi usia 1 tahun bisa membuat varian lain dengan menambah tekstur kunyahnya.

Nah, Bunda bisa menyajikan kerupuk gandum yang dicampur dengan saus apel. Menarik bukan?

Gandum, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, merupakan sumber karbohidrat yang sehat dan mengenyangkan bagi tubuh bayi.

Sedangkan apel juga merupakan buah yang memenuhi kebutuhan gizi bayi.

Apel mengandung polifenol yang dapat mengurangi luka lambung dengan cara membentuk lapisan pelindung pada lambung.

Selain itu, apel merupakan buah yang kaya akan kandungan air sehingga dapat menjaga kelembapan tubuh bayi dengan baik.

Apel juga kaya akan serat sehingga dapat mencegah sembelit atau diare.

3. Es krim melon

Es Krim Semangka

Di usia ini, tayangan es krim di televisi atau melihat orang dewasa lainnya makan es krim mungkin akan menarik perhatian si Kecil.

Bunda bisa membuat cemilan bayi 1 tahun ini dengan lebih mudah dan sehat.

Lihat juga:  Cara Melancarkan Peredaran Darah Secara Alami

Caranya, siapkan buah semangka yang sudah dipotong-potong dan peras jeruk nipis atau jeruk nipis sesuai selera. Kemudian, masukkan ke dalam cetakan es loli dan dinginkan di lemari es.

Bunda tidak perlu menggunakan tambahan gula karena rasa semangka sendiri sudah manis. Selain itu, bayi bisa mendapatkan banyak nutrisi dari semangka yang dimakannya.

Melon merupakan buah yang mengandung berbagai nutrisi penting untuk kesehatan dan kekuatan tulang, seperti folat, vitamin K, magnesium, kalsium, fosfor, dan seng.

Selain itu, semangka juga mengandung lutein dan zeaxanthin, dua jenis antioksidan kuat yang penting untuk kesehatan mata.

Melansir National Institutes of Health, konsumsi rutin semangka dan makanan lain yang mengandung dua antioksidan ini dapat membantu menjaga kesehatan penglihatan dan mata hingga dewasa.

Nah, semangka bisa menjadi pilihan yang tepat untuk camilan tengah hari agar sarat nutrisi, ya!

4. keripik wortel

7 Cemilan Bayi 1 Tahun

Si kecil masih belum suka makan sayur? Bunda tidak perlu khawatir.

Mengutip National Health Service, keripik wortel bisa jadi pilihan camilan untuk bayi usia 1 tahun yang masih belum suka sayur.

Bahan dasarnya yaitu wortel juga merupakan sumber nutrisi yang baik untuk si kecil.

Anak usia 1 tahun tidak keberatan menambahkan sejumput garam agar lebih enak.

Bunda bisa membuat keripik wortel dengan minyak zaitun agar nutrisinya tercukupi.

Lihat juga:  Cara Mengobati Vertigo Secara Alami Dan Cepat

Manfaat wortel untuk kesehatan mata sudah tidak diragukan lagi. Ini karena wortel mengandung vitamin A yang menjaga kesehatan mata lebih baik.

“Nutrisi wortel untuk mata berasal dari kandungan karotenoid yang dapat diubah tubuh menjadi vitamin A,” kata T. Michael Redmond, Kepala Laboratorium Sel Retina dan Biologi Molekuler di National Eye Institute.

Nah, untuk bisa memantau tumbuh kembang Si Kecil, Sobat bisa melakukannya dengan fitur Growth Tracker di Arbo App!

Dengan fitur ini, Bunda bisa mengetahui apakah berat dan tinggi badan serta lingkar kepala Si Kecil masih dalam batas normal atau berisiko dan perlu ke dokter.

Langsung klik gambar di bawah ini untuk mencobanya, ya!

5. Telur Keju

Camilan Telur

Mau cemilan bayi 1 tahun yang praktis dan tetap sehat?

Jika si kecil tidak menderita alergi telur, maka Sobat bisa menjadikan telur keju sebagai camilan sebelum jam makan siang.

Asupan nutrisi yang lengkap bisa didapatkan dari kedua jenis makanan tersebut.

Kuning telur merupakan sumber vitamin D dan keju juga mengandung kalsium yang keduanya baik untuk kesehatan tulang anak. Ibu hanya membuat telur dadar dengan taburan keju di atasnya.

Jika masih kurang, Anda bisa menambahkan potongan brokoli untuk tambahan nutrisi.

Lihat juga:  Cara Membesarkan Payudara Dengan Alami

Tentunya porsi cheese egg slice yang dibutuhkan si kecil tidak perlu terlalu banyak karena camilan ini tinggal menunggu waktu makan besar.

Yang terpenting, kandungan nutrisi di dalamnya sudah lengkap.

6. Puding jagung

Puding jagung

Puding masih menjadi menu makanan ringan yang bisa disantap bayi sejak mulai mengonsumsi makanan padat. Tekstur pudingnya rata-rata lembut sehingga lebih mudah dicerna oleh bayi.

Ini bisa jadi varian cemilan bayi 1 tahun yang pasti disukai si kecil. Jika ingin rasanya lebih enak, Anda bisa menambahkan keju di atasnya.

Jagung yang bahan dasarnya nutrisinya bagus dan mampu menambah berat badan bayi. Sekitar 100 gram jagung mengandung sekitar 350 kalori.

Selain itu, jagung kaya akan thiamin yang mendukung perkembangan syaraf dan otak bayi serta niacin yang meningkatkan metabolisme bayi.

7. Batang mentimun

Batang mentimun

Mentimun yang sudah dimasak dan dipotong menjadi stik juga bisa menjadi camilan cepat dan bergizi untuk bayi berusia 1 tahun.

Mentimun memiliki kandungan air yang cukup tinggi sehingga dapat menghidrasi tubuh bayi dengan baik.

Selain itu, mentimun mengandung banyak mineral seperti potasium dan fosfor, serta vitamin K yang diperlukan untuk berbagai fungsi tubuh seperti perkembangan tulang.

Nah, agar Bunda bisa memilih beberapa jenis cemilan bayi untuk 1 tahun ke atas agar beragam, ya!