7 Iklan Paling Kontroversial Sepanjang Masa

7 Iklan Paling Kontroversial Sepanjang Masa – Hai pembaca setia, apakah kamu pernah melihat iklan-iklan yang menuai kontroversi di media sosial? Iklan memang dapat menjadi senjata ampuh bagi perusahaan untuk memasarkan produknya, namun kadang kala sebuah iklan dapat memicu reaksi negatif dari masyarakat. Inilah 7 iklan paling kontroversial sepanjang masa yang pernah terjadi. Yuk, simak artikel lengkapnya!

7 Iklan Paling Kontroversial Sepanjang Masa

Dalam dunia periklanan, membuat iklan yang menarik dan kontroversial bisa jadi adalah strategi yang efektif untuk menarik perhatian orang. Namun, beberapa iklan kontroversial ini justru menuai banyak protes dan kritik dari masyarakat. Berikut adalah 7 iklan paling kontroversial sepanjang masa.

Lihat juga:  Inovasi Baru: Iklan Interaktif yang Mengundang Partisipasi Konsumen

1. Iklan Pepsi “Kendall Jenner”

Pada tahun 2017, Pepsi merilis iklan dengan Kendall Jenner sebagai bintang iklannya. Iklan tersebut menampilkan Kendall Jenner yang bergabung dengan demonstrasi dan memberikan kaleng Pepsi kepada seorang polisi sebagai tanda perdamaian. Namun, iklan tersebut dianggap tidak sensitif terhadap isu sosial dan tidak menghargai perjuangan terkait isu Black Lives Matter yang tengah menjadi sorotan di Amerika Serikat.

2. Iklan Dove “White is Beautiful”

Pada tahun 2017, Dove merilis iklan yang menampilkan seorang wanita kulit putih mengeluarkan bajunya dan menjadi seorang wanita kulit hitam setelah menggunakan produk Dove. Iklan tersebut dianggap membahayakan, merendahkan martabat dan memperkuat stereotipe yang tidak sehat tentang warna kulit.

Lihat juga:  Cara Mengobati Gusi Bengkak Di Bagian Atas

3. Iklan Calvin Klein “Sexy Kids”

Pada tahun 1995, Calvin Klein merilis iklan yang menampilkan anak-anak yang mengenakan pakaian dalam brand tersebut dan berpose sensual. Iklan ini sangat kontroversial dan banyak orang menilai iklan ini tidak pantas dipertontonkan dan sekiranya merusak generasi muda.

4. Iklan Benetton “Unhate”

Pada tahun 2011, Benetton merilis iklan yang menampilkan presiden AS saat itu, Barack Obama, dan presiden Tiongkok, Hu Jintao, berciuman di bibir. Iklan tersebut memicu kritik dan protes dari banyak pihak yang menyatakan bahwa iklan itu sangat tidak etis dan merusak citra kedua negara tersebut.

Lihat juga:  Cara Menyembuhkan Pilek Secara Alami

5. Iklan Protein World “Are You Beach Body Ready?”

Pada tahun 2015, Protein World merilis iklan yang menampilkan seorang wanita yang dianggap sangat kurus dengan caption “Are You Beach Body Ready?” Iklan tersebut membuat orang marah dan menuduh iklan tersebut sebagai body shaming dan tidak sensitif terhadap isu kepercayaan diri.

6. Iklan Nivea “White is Purity”

Pada tahun 2017, Nivea merilis sebuah iklan dengan orang yang digambarkan sangat bersih dan menampilkan caption “White is Purity”. Iklan tersebut dikritik dan dianggap rasialistis karena terkesan memperkuat stereotipe dan diskriminasi terhadap warna kulit.

Lihat juga:  Cara Mengobati Bibir Bengkak Saat Bangun Tidur

7. Iklan Gap “Manifest Destiny”

Pada tahun 2010, Gap merilis iklan yang menampilkan seorang model dengan pakaian yang menampilkan peta Amerika Serikat di depan background dengan caption “Manifest Destiny”. Iklan tersebut dikritik dan dianggap tidak sensitif terhadap perjuangan dan penderitaan masyarakat asli Amerika dan memperkuat ideologi imperialisme yang merusak.

Kesimpulan

Semenjak masa kemasa, iklan kontroversial selalu menjadi suatu hal yang menarik dalam strategi periklanan. Namun, perlu diingat bahwa iklan kontroversial juga harus memperhatikan etika dan nilai-nilai moral agar tidak merusak citra brand bagi masyarakat luas.

Lihat juga:  Inilah 5 Varian Mobil Suzuki yang Paling Laku di Indonesia

Penutup

Mari kita selalu bijak dalam menyusun strategi periklanan dan menghargai perbedaan masyarakat kita sehingga dapat meningkatkan kepercayaan dan jiwa sosial kita.

Demikianlah ulasan singkat mengenai tips-tips aman dan nyaman dalam menggunakan internet. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda yang sering menggunakan internet dalam keseharian. Ingatlah bahwa keamanan dan kenyamanan dalam berselancar di dunia maya merupakan tanggung jawab kita masing-masing. Terima kasih sudah membaca dan sampai bertemu kembali di artikel yang tak kalah menarik selanjutnya.

#Iklan #Paling #Kontroversial #Sepanjang #Masa arbo 7 Iklan Paling Kontroversial Sepanjang Masa