13+ Manfaat Wortel untuk Kesehatan, Tak Banyak untuk Mata!

Berbicara mengenai manfaat wortel, mungkin yang terlintas di benak Anda adalah jenis sayuran yang baik untuk kesehatan mata.

Sebenarnya manfaat wortel sebenarnya jauh lebih luas dari itu lho!

Wortel merupakan salah satu sayuran yang banyak dikonsumsi, karena mudah didapat dan harganya relatif murah.

Selain mudah diolah menjadi berbagai makanan, ternyata ada juga beberapa manfaat wortel bagi kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui.

Bunda bisa mengolah wortel sebagai menu makan keluarga, bahkan untuk MPASI si buah hati saat berusia 6 bulan ke atas.

Manfaat wortel lainnya, karena dapat diolah menjadi berbagai macam makanan yang nikmat.

Diantaranya seperti olahan sayur sop, dibuat jus, atau kue wortel yang menarik.

Yuk Sobat, baca lebih lanjut manfaat wortel untuk kesehatan di bawah ini!

Berbagai Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

Ibu bisa mendapatkan manfaat wortel, karena sayuran ini merupakan sumber vitamin, mineral, dan serat yang baik untuk tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat wortel dengan baik, Anda bisa mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup dan tidak mengonsumsi wortel secara berlebihan.

Berikut adalah manfaat wortel bagi kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya:

1. Mencegah Penyakit Mata

Banyak orang yang mengetahui manfaat wortel untuk kesehatan mata, Sobat.

Lihat juga:  Intip rumah Ammar Zoni yang terlihat asri dan subur!

Hal ini dikarenakan kandungan vitamin A pada wortel mampu menjaga kesehatan mata dengan baik.

“Nutrisi wortel untuk mata berasal dari kandungan beta karoten, yaitu karotenoid yang diubah tubuh menjadi vitamin A,” kata Taylor Michael Redmond, Kepala Laboratorium Sel Retina dan Biologi Molekuler di National Eye Institute.

Seseorang yang kekurangan vitamin A dapat mengembangkan xerophthalmia, atau penyakit mata progresif.

Xerophthalmia dapat menyebabkan penglihatan malam atau kesulitan melihat saat tingkat cahaya rendah.

Menurut sebuah studi dari Community Eye Health Journal, kekurangan vitamin A dapat menyebabkan penglihatan yang buruk, terutama di malam hari.

2. Memperjelas Penglihatan Mata

Wortel

Manfaat wortel masih berkaitan dengan kesehatan mata yang dapat menjernihkan penglihatan seseorang.

Anda bisa mendapatkan manfaat buah ini untuk mata Anda jika Anda rajin mengonsumsi sayuran sebagai makanannya.

Dikutip dari Office of Dietary Supplements, kekurangan vitamin A merupakan salah satu penyebab utama kebutaan pada anak.

Wortel juga mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin.

Nah, kombinasi kedua bahan ini bisa membantu mencegah seseorang terkena degenerasi makula terkait usia.

Penyakit yang sering menyerang orang dewasa ini dapat menyebabkan hilangnya penglihatan secara permanen atau permanen.

Untuk itu, Sobat bisa menikmati manfaat wortel untuk kesehatan mata dengan mengonsumsi wortel dalam takaran yang tepat, ya!

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Membantu Menurunkan Berat Badan

Masih bingung bagaimana cara mencapai berat badan ideal, Sobat? Yang utama adalah defisit kalori.

Oleh karena itu, jenis makanan yang dikonsumsi setiap hari tentu sangat berpengaruh.

Ada banyak sayuran yang baik untuk membantu program diet Anda berhasil, salah satunya adalah wortel.

Ya, manfaat wortel bisa Anda dapatkan karena sayuran ini kaya akan serat sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.

Dengan begitu, Bunda juga akan merasa kenyang lebih lama.

Lihat juga:  Sakit Punggung saat Hamil: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasi

Nah, hal ini akan mencegah Ibu untuk makan makanan berlemak lainnya secara berlebihan.

4. Program Diet yang Baik

Wortel Olahan

Cara terbaik untuk makan wortel saat diet adalah dengan merebusnya daripada membuat jus wortel.

Menurut National Nutrient Database USDA, wortel secara alami kaya akan serat, dengan 1 porsi wortel cincang mengandung 3,6 gram serat.

Namun ketika dibuat menjadi jus wortel, kandungan seratnya akan berkurang sehingga manfaat wortel tidak maksimal.

Salah satu kelemahan jus wortel adalah kehilangan sebagian besar kandungan serat dari wortel, hanya menyisakan kandungan serat larut nabati.

Ini membuat jus wortel secara nutrisi lebih rendah daripada wortel mentah utuh.

Untuk itu, sebaiknya konsumsi wortel utuh atau ditambahkan ke dalam sup dan makanan lain jika Anda sedang menjalani diet defisit kalori.

5. Menjaga Tekanan Darah

Periksa Tekanan Darah

Manfaat wortel untuk kesehatan yang tak kalah pentingnya, mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Ini karena wortel kaya akan potasium.

Kalium membantu meredakan ketegangan pada pembuluh darah dan arteri, yang meningkatkan sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah.

Manfaat wortel bagi kesehatan karena kandungan serat dan potasium yang dapat membantu mengatur tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung.

6. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Ilustrasi Detak Jantung

Dilansir dari American Heart Association (AHA), setiap orang disarankan untuk mengurangi konsumsi garam atau sodium dalam makanan.

Selain itu, ditambah mengonsumsi lebih banyak makanan yang tinggi potasium, seperti wortel.

The Journal of Chiropractic Medicine menyimpulkan bahwa orang yang mengonsumsi serat tinggi cenderung memiliki risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah daripada mereka yang mengonsumsi sedikit serat.

Ibu perlu memahami bahwa tekanan darah tinggi berkaitan dengan beberapa kondisi berbahaya, yaitu:

  • Aterosklerosis terjadi ketika terjadi pengerasan dan penebalan dinding arteri.
  • Retinopati hipertensi, yaitu perubahan pada pembuluh darah di retina mata yang menyebabkan darah bocor ke jaringan retina yang halus.
  • Stroke dan gangguan otak.
  • Gangguan ginjal.
  • Demensia, yang disebabkan oleh penyempitan atau penyumbatan arteri yang membatasi aliran darah ke otak.
Lihat juga:  Kata dokter bayinya susah tidur dan terus menyusu

Jangan remehkan penyakit hipertensi ya Sobat. Mulailah mempraktekkan pola makan yang sehat, salah satunya adalah makan wortel.

Sebab, manfaat wortel baik untuk tekanan darah dan kesehatan jantung.

7. Mendukung Kesehatan Pencernaan

Sayuran Wortel (Foto Stok Arbo)

Manfaat wortel lainnya, yaitu dapat mendukung kesehatan pencernaan. Ini karena kandungan serat wortel relatif tinggi.

Sebuah penelitian terhadap 893 orang dari International Journal of Clinical Oncology menyebutkan bahwa mengonsumsi lebih banyak makanan kaya karotenoid dapat mengurangi risiko kanker usus besar.

Oleh karena itu, makan wortel dapat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

Selain itu, penelitian lain menunjukkan bahwa orang yang makan makanan tinggi serat memiliki risiko kanker kolorektal yang lebih rendah daripada mereka yang makan sedikit serat.

Wortel ukuran sedang mengandung 1,7 gram serat, atau 5% dan 7,6% dari kebutuhan serat harian seseorang.

Sementara itu, 1 cangkir wortel parut menyediakan 3,58 gram serat.

8. Menjaga Imunitas Tubuh

Lobak segar

Manfaat wortel selanjutnya, yaitu mampu menjaga daya tahan tubuh yang baik.

Di masa pandemi seperti ini, menjaga daya tahan tubuh sangat penting ya Sobat.

Salah satu caranya adalah dengan mempraktekkan pola makan sehat dengan pola makan seimbang setiap hari.

Manfaat wortel yang satu ini bisa didapatkan karena sayuran ini mengandung berbagai vitamin, mineral dan antioksidan seperti vitamin B6 dan K, potasium, fosfor, dan lainnya.

Nutrisi ini juga berkontribusi pada kesehatan tulang, sistem saraf yang lebih kuat, dan membantu meningkatkan kekuatan otak.

Lihat juga:  Ramalan Zodiak Cancer Minggu Ini 13–19 Maret 2023: Bersiaplah untuk Sukses!

9. Mengatasi Peradangan Pada Tubuh

wortel

Wortel juga mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas, antioksidan juga akan melindungi tubuh dari bakteri dan virus berbahaya, serta risiko peradangan.

Dilansir dari laman WebMD, kandungan vitamin C pada wortel juga akan menjaga tubuh Anda dalam membangun antibodi yang menjaga sistem imun tetap hidup.

Vitamin C juga membantu tubuh menyerap dan menggunakan zat besi serta mencegah infeksi.

10. Mengurangi Risiko Kanker

Pemeriksaan Dokter (Stock Photo Arbo)

Manfaat wortel selanjutnya, yaitu mampu menurunkan risiko kanker.

Ini karena kandungan antioksidan dan beta karoten yang memberikan pigmen warna oranye pada wortel dan sayuran lainnya dapat mengurangi risiko kanker. Salah satunya adalah kanker payudara.

Dikutip dari Journal of National Cancer Institute, wanita yang memiliki kadar karotenoid tinggi juga bisa menurunkan risiko kanker payudara.

Tidak hanya itu, pola makan yang kaya karotenoid dapat membantu melindungi dari beberapa jenis kanker lainnya, termasuk kanker prostat, usus besar, dan perut.

Untuk itu, tak ada salahnya mengonsumsi wortel secara teratur mulai sekarang, Sobat!

11. Meningkatkan Massa Tulang Janin

Makanan Ibu Hamil

Ternyata, ada juga manfaat wortel untuk kesehatan ibu hamil lho. Terutama karena kandungan kalsium pada wortel.

Disebutkan bahwa 100 gram wortel menyediakan kalsium sebanyak 33 miligram.

Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists, wanita hamil dan menyusui membutuhkan 1.000 miligram kalsium per hari.

Kalsium membantu membangun tulang dan tulang rawan yang kuat pada janin.

Wortel juga mengandung fosfor, yang membantu meningkatkan fungsi otot dan mencegah semua jenis kram.

Beberapa wanita hamil mungkin mengalami kram dan kejang otot selama kehamilan.

Umumnya kondisi ini tidak berbahaya, namun bisa membuat Bunda merasa tidak nyaman.

Lihat juga:  10 Rekomendasi Lip Scrub dan Cara Mudah Membuatnya!

12. Menjaga Kadar Gula Darah

Periksa Kadar Gula Darah

Manfaat wortel untuk calon ibu hamil adalah membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mengurangi risiko diabetes.

Ingat, kadar gula darah yang tinggi saat hamil bisa membahayakan kondisi janin.

Selain itu, sebuah penelitian dari American Academy of Pediatrics mengungkapkan bahwa vitamin A dalam jus wortel dapat membantu melawan infeksi.

Diketahui bahwa peran vitamin A juga meningkatkan kualitas ASI.

Nah, hal ini berguna saat Ibu menyusui nanti sebagai asupan nutrisi Si Kecil.

13. Menjaga Kesehatan Kuku

Jus wortel

Mau wajah awet muda dan sehat glowing?

Nah, cobalah makan wortel, Sobat! Ternyata manfaat wortel juga mempengaruhi kesehatan kulit dan kuku.

Ini karena mengandung beta karoten, lutein, dan likopen.

Kandungan silikon yang tinggi di akarnya dapat meningkatkan kesehatan kulit dan kuku.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, ibu juga disarankan untuk mengonsumsi wortel mentah agar manfaatnya tidak berkurang.

14. Mengatasi Kulit Kering

Kulit kering

Selain itu, manfaat wortel juga mampu mengatasi kulit kering.

Secara umum, kekurangan nutrisi yang bisa menyebabkan kulit kering dan terkelupas adalah kekurangan potasium dalam tubuh.

Nah, bunda bisa mengonsumsi wortel untuk mengatasi kulit kering.

Manfaat wortel ini bisa didapatkan karena sayuran ini mengandung potasium agar kulit selalu lembab dan elastis.

15. Mempercepat Penyembuhan Luka

Pengobatan Luka Bakar

Manfaat wortel untuk kesehatan juga dipercaya dapat mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit.

Hal ini disebabkan adanya kandungan vitamin A yang tinggi, yang dipercaya dapat mengurangi peradangan dan mencegah infeksi kulit.

Dengan kata lain, penyembuhan luka akan semakin cepat setiap harinya.

Itulah segudang manfaat wortel untuk kesehatan. Inilah mengapa wortel adalah sayuran yang baik untuk dimakan.

Mulai sekarang, jadikan wortel sebagai sayuran wajib makan keluarga ya Sobat!

Advertisements