10 Konsep Menu Unik untuk Buka Puasa di Rumah

Bingung mencari ide menu untuk berbuka puasa di rumah? Nikmati pengalaman baru dengan 10 konsep menu unik yang bisa dibuat sendiri. Mulai dari olahan buah hingga hidangan fusion, pasti membuat sajian berbuka puasa lebih berkesan. Simak ide-ide menariknya di bawah ini!

10 Konsep Menu Unik untuk Buka Puasa di Rumah

Konsep Menu Unik untuk Buka Puasa di Rumah

Bulan Ramadhan selalu dirayakan oleh umat muslim di seluruh dunia dengan berpuasa selama satu bulan penuh. Puasa ini diakhiri dengan hari raya Idul Fitri atau Lebaran yang dirayakan dengan berkumpul bersama keluarga dan kerabat. Namun, situasi pandemi COVID-19 yang masih berlangsung memaksa kita untuk tetap berpuasa di rumah dan tidak berkumpul dengan banyak orang. Maka dari itu, inilah beberapa konsep menu unik untuk buka puasa di rumah yang bisa kamu coba.

1. Nasi Kebuli Kambing

Nasi kebuli kambing adalah makanan yang sangat populer dan nikmat untuk buka puasa. Biasanya, nasi kebuli kambing disajikan dengan acar, papadum, dan sambal terasi khas Indonesia. Tambahkan juga irisan tomat dan ketimun untuk menyegarkan citarasa pada menu ini.

2. Soto Betawi

Soto betawi adalah sup dengan kuah santan yang berasal dari Jakarta. Kuahnya yang kental dan nikmat cocok untuk menyambut buka puasa. Dalam penyajiannya, campurkan beberapa daging sapi, kentang, dan tom yang direbus. Soto betawi disajikan dengan nasi putih, kerupuk goreng, dan irisan tomat serta kol.

3. Opor Ayam

Opor ayam adalah makanan khas yang wajib ada saat Hari Raya Idul Fitri. Namun, tak ada salahnya untuk mencoba menyajikan opor ayam saat buka puasa. Opor ayam terdiri dari daging ayam yang dimasak dengan kuah santan lemak dan rempah-rempah. Biasanya, opor ayam disajikan dengan ketupat atau nasi.

4. Nasi Liwet

Nasi liwet asal Kota Solo ini sangat nikmat dan menjadi salah satu menu favorit saat buka puasa. Nasi liwet disajikan dengan sayur asem, daging ayam/gulai, dan empal gepuk. Tambahkan trancam atau acar mentah sebagai pendamping.

5. Sate Taichan

Sate taichan adalah salah satu menu baru yang masih populer dan enak untuk dijadikan menu buka puasa. Sate taichan ini terbuat dari potongan ayam yang dibakar dengan bumbu spice. Dalam penyajiannya, sate taichan disajikan dengan sambal kacang atau saus kecap.

6. Sayur Lodeh

Sayur lodeh merupakan salah satu menu vegetarian yang pas untuk menyambut iftar. Resep ini berasal dari Jawa Tengah dan terdiri dari sayuran seperti labu siam, nangka muda, buncis, dan wortel. Sayur lodeh dimasak dengan kuah santan dan rempah-rempah seperti jahe, kemiri, dan kunyit. Sayur lodeh biasanya disajikan dengan nasi putih.

7. Aglio Olio Spaghetti

Aglio Olio Spaghetti merupakan sajian pasta yang nikmat dan simpel yang bisa dijadikan menu buka puasa. Dalam penyajiannya, spaghetti dimasak dengan bawang putih, cabe merah, dan daun peterseli. Aglio Olio Spaghetti umumnya disajikan dengan irisan roti garlic yang krispi.

8. Sambal Goreng Kentang Ati Ampela

Sambal Goreng Kentang Ati Ampela adalah makanan khas Minangkabau yang terbuat dari kentang, ati (jeroan) dan ampela ayam. Campurkan potongan kentang yang sudah digoreng ke dalam ati ampela yang sudah dibumbui. Bumbu sambal diberikan seperti biasa dengan parutan kelapa. Sajikan dengan nasi putih.

9. Es Kelapa Muda

Es kelapa muda menjadi minuman segar yang pas untuk dikonsumsi saat buka puasa. Potong kelapa muda menjadi dadu dan campurkan ke dalam gelas. Lalu tuangi air kelapa dari dalam kelapa, tambahkan es batu, dan berikan gula secukupnya. Es kelapa muda siap untuk disajikan.

10. Mixed Fruit Salad

Mixed fruit salad adalah salad buah yang nikmat dan sehat. Potong berbagai jenis buah seperti semangka, melon, mangga, alpukat, kiwi, strawberry dan lain-lain lalu campurkan ke dalam mangkuk. Berikan air lemon atau jus jeruk sebagai dressinya. Tambahkan granola atau oat yang renyah sebagai toping.

FAQs

Q: Apa saja jenis makanan khas yang cocok untuk buka puasa?
A: Ada banyak jenis makanan khas yang cocok untuk buka puasa seperti nasi kebuli kambing, soto betawi, opor ayam, dan nasi liwet.

Q: Adakah menu vegetarian yang cocok untuk buka puasa?
A: Ya, salah satu menu vegetarian yang cocok untuk buka puasa adalah sayur lodeh.

Q: Adakah minuman segar yang cocok untuk buka puasa?
A: Ya, es kelapa muda menjadi minuman segar yang pas untuk dikonsumsi saat buka puasa.

Q: Bagaimana cara membuat Sate Taichan yang enak?
A: Untuk membuat sate taichan yang enak, pastikan ayam yang digunakan memiliki daging yang lembut dan tidak berlemak. Sebaiknya potong ayam menjadi ukuran yang kecil agar mudah dimakan. Bumbu baku sate taichan dengan campuran potongan bawang putih, cabai rawit, garam, dan kecap manis. Balur pada potongan ayam yang sudah dipotong dan diamkan selama 30 menit. Panggang ayam dengan api sedang hingga berubah warna menjadi kecokelatan. Jangan lupa untuk membalik ayam agar bagian sisi lainnya matang. Sate Taichan siap dihidangkan dengan sambal kacang atau saus kecap.

Q: Aplikasi apa yang bisa digunakan untuk mencari resep menu buka puasa?
A: Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mencari resep menu buka puasa seperti Cookpad, Resep Masakan Nusantara, dan Resep Kita.

Penutup

Dalam artikel ini, telah disajikan 10 konsep menu unik untuk buka puasa di rumah yang dapat dicoba. Mulai dari masakan tradisional hingga modern, semua dapat diolah dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan di pasar. Dalam situasi pandemi seperti saat ini, buka puasa di rumah bisa menjadi pilihan yang lebih aman dan nyaman. Selamat mencoba dan selamat menikmati hidangan yang disajikan!

#Konsep #Menu #Unik #untuk #Buka #Puasa #Rumah arbo 10 Konsep Menu Unik untuk Buka Puasa di Rumah