Home » Jasa Website » Apa Itu SSL Certificate ?

Apa Itu SSL Certificate ?

May
18
2015
by : admin . Posted in : Jasa Website, Website Murah
SSL Secure Connection

Apa Itu SSL Certificate ? SSL adalah kependekan dari Secure Socket Layer yang merupakan suatu protocol layer transport yang digunakan dalam koneksi internet secara aman. Jika anda menginginkan suatu koneksi komunikasi lewat internet dengan cara yang secure, maka gunakan koneksi SSL.SSL dikembangkan oleh Netscape Communications agar bisa mengirim data secara aman lewat internet. Jika anda pernah memperhatikan di browser internet dengan menggunakan HTTPS, maka koneksi internet ini adalah menggunakan SSL yang umum digunakan pada suatu transaksi online. Jadi HTTPS adalah suatu protocol untuk melakukan transfer data yang terinkripsi melalui web.

Apa bedanya HTTPS dan HTTP:
  1. HTTPS melakukan koneksi melalui port 443, sementara HTTP menggunakan port 80
  2. HTTPS mengirim / menerima data dengan inkripsi lewat protocol SSL, sementara HTTP mengirim data dengan plain text
Jadi dalam transaksi online, maka pastikan anda melihat online store anda menggunakan HTTPS dalam bertransaksi keuangan lewat internet.Jika anda mempunyai website, apa yang diperlukan agar bisa di host disuatu host yang bisa SSL.

  1. Web server haruslah support inkripsi SSL
  2. IP address public yang unik agar penyedia certificate SSL bisa melakukan validasi website anda
  3. Suatu certificate SSL dari penyedia layanan SSL

SSL beroperasi pada antara layer Application dan Transport pada model OSI. SSL tidak bekerja secara transparent automatis, karena hanya bisa kalau memang protocol-protocol applikasi secara explicit memang diimplementasikan.

SSL menggunakan inkripsi public-key untuk maksud authentication dan inkripsiĀ  symmetric key untuk inkripsi informasi yang dikirim. Untuk public key inkripsi SSL menggunakan algoritma inkripsi Rivest-Shamir-Adleman (RSA), makanya bergantung pada implementasi dari infrastructure public key (PKI) yang didukung. Integritas pesan dijamin dengan cara mekanisme checking integritas yang disebut sebagaiĀ  message authentication code (MAC).

Client server kemudian melakukan negosiasi tingkat inkripsi mana yang bisa diterima yang biasanya 40-bit, 56-bit, ataupun 128 bit keatas. Client kemudian menghasilkan suatu secret session key yang kemudian di inkripsi menggunakan public key dari server untuk kemudian mengirimkan nya kepada server. Server kemudian melakukan dekripsi secret session key tersebut menggunakan private key-nya. Dari poin ini seterusnya, secret key cryptography dikenakan dan kemudian session key digunakan untuk meng-inkripsi semua pertukaran data antara client dan server, memberikan suatu komunikasi private yang aman.

Mau berlangganan artikel ? masukan nama dan email anda

Promo Facebook Otomatis

Statistik Pengunjung

Bank Pembayaran :

Arbo Media
Desa Pacing RT.003 RW.001 Kec.Parengan, Tuban - 62366

:
Copyright © 2012